Cara Menjadi Ahli SEO (Panduan 10 Langkah)

menu melayang

2021-10-04

Cara Menjadi Ahli SEO (Panduan 10 Langkah)

Cara Menjadi Ahli SEO (Panduan 10 Langkah)

Pelajari langkah-langkah tepat untuk beralih dari pemula SEO ke pakar SEO. Tingkatkan keterampilan Anda, jadilah spesialis SEO dan kejar karier yang sukses di bidang SEO.

Apakah Anda ingin mempelajari cara meningkatkan lalu lintas dan mencapai peringkat yang lebih tinggi untuk kata kunci yang dapat menghasilkan lebih banyak penjualan dan pendapatan untuk situs web Anda? Maka Anda harus mempelajari segala sesuatu yang perlu diketahui tentang SEO dan menjadi Ahli SEO.

Memiliki keahlian SEO bukanlah satu-satunya hak istimewa para profesional SEO. Ini adalah keterampilan yang dapat dikuasai oleh siapa saja yang ingin belajar bagaimana melakukan SEO sendiri.

Saya telah berlatih SEO selama 14 tahun terakhir dan dalam posting ini, Anda akan mempelajari langkah-langkah apa yang perlu Anda ikuti untuk menjadi seorang ahli SEO.

Mengapa setiap orang harus menjadi ahli dalam Search Engine Optimization (SEO)?

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, penting untuk memahami perbedaan antara pakar SEO dan profesional SEO.

Pakar SEO adalah seseorang yang mengetahui cara kerja SEO dan cara menerapkan SEO untuk meningkatkan peringkat situs web di Mesin Pencari.

Profesional SEO adalah Pakar SEO yang mempraktikkan SEO sebagai profesi baik dengan melakukan konsultasi SEO, menawarkan layanan SEO , atau menerima klien berdasarkan proyek per proyek.

Saya menyebutkan perbedaan ini untuk menunjukkan bahwa Anda tidak harus mempraktikkan SEO sebagai profesi untuk menjadi ahli SEO. Ada banyak keuntungan mengapa Anda harus meningkatkan keterampilan SEO Anda bahkan jika Anda tidak berencana untuk menawarkan layanan kepada klien.

Keuntungan menjadi ahli SEO

Tingkatkan peringkat dan lalu lintas Anda – Ini adalah alasan paling jelas mengapa seseorang harus menjadi ahli dalam optimasi mesin pencari.

Jika Anda tahu cara mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari maka Anda dapat memanfaatkan peningkatan peringkat dan lalu lintas mesin pencari untuk menghasilkan uang dari blog atau memulai bisnis online.

Kurangi biaya – Jika Anda seorang pengusaha solo atau blogger, Anda dapat menghemat banyak uang jika Anda dapat melakukan SEO sendiri.

Buat keputusan yang lebih baik seperti siapa yang akan disewa untuk mengerjakan SEO Anda – Jika Anda tahu SEO sendiri, maka akan lebih mudah untuk memutuskan konsultan atau perusahaan mana yang akan disewa untuk mengerjakan SEO Anda. Anda akan berada dalam posisi untuk memahami apa yang termasuk dalam paket SEO mereka dan menilai apakah apa yang mereka sarankan benar-benar dapat membantu situs web Anda mencapai peringkat yang lebih baik.

Sangat direkomendasikan untuk Manajer Pemasaran – jika Anda bekerja sebagai manajer pemasaran maka memiliki pemahaman yang baik tentang SEO akan memberi Anda keuntungan ekstra dibandingkan manajer pemasaran atau kolega lain di organisasi Anda.

Tidak ada bisnis online yang dapat bertahan tanpa SEO – SEO tidak lagi opsional. Situs web yang tidak dibangun dengan mempertimbangkan SEO, tidak mungkin mereka dapat bertahan di Dunia online yang sangat kompetitif. Mengetahui SEO dan cara menggunakannya dengan benar, dapat membuat perbedaan besar di masa depan situs web Anda

10 Langkah Menjadi Ahli SEO

Ini adalah 10 langkah yang harus diikuti untuk menjadi ahli SEO.

  1. Pahami cara kerja mesin telusur
  2. Kenali Konsep Dasar Pemasaran Mesin Pencari
  3. Pahami arti sebenarnya dari SEO
  4. Pilih Pelatihan SEO yang tepat
  5. Tetap terinformasi tentang perubahan SEO
  6. Pilih Alat SEO yang Tepat
  7. Praktek SEO – Jangan tinggal teori
  8. Tunjukkan Keahlian SEO Anda
  9. Sabar
  10. Ikuti petunjuk dari Pakar SEO yang mapan
1. Pahami cara kerja mesin telusur

Sebelum mulai berpikir tentang SEO, langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah membiasakan diri dengan cara kerja mesin pencari.

Bagi banyak orang, ini mungkin sesuatu yang sudah mereka ketahui (atau pikir mereka tahu), tetapi selalu baik untuk memulai dengan konsep dasar dan kemudian melanjutkan ke teori yang paling rumit.

Singkatnya, mesin pencari memiliki tiga proses utama:

  • Perayapan – beginilah cara mereka menemukan konten di web
  • Pengindeksan – bagaimana mereka menambahkan dan mengatur konten dalam indeks mereka
  • Peringkat – bagaimana mereka memutuskan situs web mana yang akan ditampilkan dalam hasil (dan dalam urutan apa), untuk kueri penelusuran tertentu

Sebagai spesialis SEO, Anda harus mengetahui cara mengoptimalkan situs web untuk setiap tahap sehingga mesin pencari dapat membaca, mengindeks, dan memahami konten situs web tanpa masalah.

2. Kenali Konsep Dasar Pemasaran Mesin Pencari
Mesin Pencari Marketing

Sebelum mengotori tangan Anda, Anda harus memiliki gambaran umum tentang semua disiplin ilmu berbeda yang membentuk pemasaran mesin telusur . Anda harus memahami apa itu pemasaran digital dan peran SEO dalam kampanye pemasaran digital.

Anda harus memiliki pikiran yang jelas tentang apa yang diharapkan dari SEO dan alat lain apa yang dapat Anda gunakan bersama dengan SEO untuk membuat kehadiran Internet Anda lebih kuat.

Singkatnya, SEO adalah salah satu dari dua komponen SEM. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa lalu lintas SEO gratis sedangkan lalu lintas SEM berbayar.

Dengan SEO, tujuan Anda adalah mencapai puncak hasil organik dengan menerbitkan konten yang sesuai dengan maksud pengguna dan dengan memberikan 'sinyal' kepada mesin telusur untuk membantu mereka dalam proses pengindeksan dan pemeringkatan.

Dengan SEM, Anda dapat menggunakan platform PPC (seperti Google Ads) untuk membayar iklan Anda agar muncul di atas hasil pencarian berbayar.

SEO VS SEM

Kedua metode dapat membantu Anda mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari tetapi dengan SEO Anda tidak harus bergantung pada iklan berbayar untuk mendapatkan lalu lintas. Setelah Anda berhasil mengamankan peringkat tinggi untuk kata kunci yang penting bagi bisnis Anda, Anda bisa mendapatkan lalu lintas berkelanjutan ke situs Anda 24/7.

Ini hanyalah salah satu manfaat SEO . Dengan mencapai puncak SERP, Anda dapat memanfaatkan manfaat lain seperti kesadaran merek, kepercayaan pengguna, dan pengakuan yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis.

3. Pahami arti sebenarnya dari SEO

SEO bukan hanya tentang kata kunci dan tautan, itu lebih dari itu. Misi sebenarnya dari SEO adalah untuk memberikan pengalaman hebat kepada pengguna dan memberi mereka apa yang mereka inginkan.

Tujuan Anda bukan hanya tentang mendapatkan lebih banyak lalu lintas mesin telusur, tetapi juga tentang mengubah lalu lintas itu menjadi pengunjung dan pelanggan berulang.

SEO memiliki beberapa jenis, yang terpenting adalah:

tiga proses seo utama

Tugas Anda sebagai ahli SEO adalah mempelajari aturan SEO apa yang harus diterapkan pada setiap tahap proses SEO agar situs web Anda dioptimalkan sepenuhnya.

Berikut adalah garis besar dari apa yang dilakukan setiap jenis SEO :

SEO Teknis – SEO Teknis bertanggung jawab atas fase perayapan dan pengindeksan. Dengan SEO teknis, Anda dapat membantu mesin pencari mengindeks semua halaman penting situs web Anda tanpa masalah. Tugas teknis SEO yang paling penting adalah:

  • Kanonikalisasi URL
  • Pengoptimalan Peta Situs XML
  • Menyetel domain pilihan Anda
  • Mengoptimalkan URL halaman Anda
  • Mengoptimalkan struktur situs web Anda
  • Meningkatkan kecepatan halaman situs web Anda
  • Mengoptimalkan situs web Anda untuk seluler
  • Menemukan dan memperbaiki kesalahan perayapan
SEO On-Page – SEO On-page berkaitan dengan elemen yang ditemukan di halaman. Hal-hal seperti konten, judul, gambar, video perlu dioptimalkan agar mesin telusur dapat memahami konteksnya .

Teknik SEO On-Page

Elemen SEO on-page yang paling penting adalah:
  • Pengoptimalan judul halaman
  • Pengoptimalan deskripsi meta
  • Pengoptimalan konten
  • Menggunakan heading dengan benar (tag H1, H2, dll)
  • Tautan internal dan eksternal
SEO Off-Page – Proses terakhir disebut SEO off-page. Tidak seperti SEO teknis dan on-page, SEO Off-page berkaitan dengan aktivitas di luar batas situs web. Hal-hal seperti mendapatkan backlink dari situs web terkait lainnya dan mempromosikan situs web Anda di Internet adalah faktor yang membantu mesin pencari selama proses peringkat.

4. Pilih Pelatihan SEO yang tepat

Setelah Anda mulai belajar SEO, Anda akan menyadari satu hal: Ada terlalu banyak informasi tentang SEO di Internet dan begitu banyak hal untuk dipelajari, dan ini pada akhirnya menciptakan kekacauan.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan ini sendiri tanpa bantuan apa pun, Anda akan berakhir dengan daftar artikel yang tak ada habisnya untuk dibaca dan hal-hal untuk dicoba.

Butuh waktu bertahun-tahun untuk mempelajari SEO dengan cara ini karena pada tahun 2000 ketika saya mulai, tidak ada kursus atau panduan pelatihan SEO yang dapat Anda baca dan dapatkan semua informasinya di satu tempat.

Saat ini hal-hal yang berbeda. Orang yang ingin belajar SEO dengan cepat dapat melakukannya dengan mengikuti kursus terkemuka tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam mencari di Internet dan membaca artikel demi artikel.

Sumber daya yang dapat Anda gunakan:

Kursus SEO Lengkap – Kursus SEO kami memiliki semua yang perlu Anda ketahui tentang SEO. Ini mencakup konsep SEO dasar dan lanjutan.

Anda dapat mengikuti kursus online atau mengunduh materi sebagai PDF dan belajar sesuai keinginan Anda. Ini adalah satu-satunya Kursus SEO yang perlu Anda baca.

Google Digital Garage – Google telah membuat serangkaian kursus baru yang mencakup semua yang perlu Anda ketahui tentang pemasaran Digital. Mereka tidak membahas detail SEO yang bagus tetapi mereka adalah sumber yang bagus jika Anda ingin membiasakan diri dengan pemasaran online.

Kursus SEO Moz – Moz adalah perusahaan yang terkenal dengan alatnya tetapi mereka juga membuat kursus SEO yang mencakup dasar-dasar SEO. Ini tidak lengkap tetapi ini adalah awal yang baik untuk pemula.

Panduan SEO – Ini adalah panduan lain dari Google. Ini mencakup SEO dari perspektif Google. Ini berarti Anda tidak akan mempelajari apa yang sebenarnya berfungsi untuk SEO tetapi apa yang Google ingin Anda pelajari tentang SEO. Namun demikian, luangkan beberapa jam dan ikuti panduannya, ada beberapa saran bagus yang layak untuk dipikirkan.

Sertifikasi SEO – Daftar semua sertifikasi SEO yang tersedia yang dapat Anda kejar dan menjadi spesialis SEO bersertifikat.


5. Tetap terinformasi tentang perubahan SEO

SEO bukanlah disiplin statis. Aturan dan algoritma SEO berubah setiap saat. Google sendiri membuat lebih dari 250 perubahan pada algoritme peringkat mereka per tahun. Pakar SEO yang baik perlu mengetahui tentang perubahan ini dan menyesuaikan kampanye SEO mereka.

Cara terbaik untuk tetap terinformasi adalah dengan mengikuti beberapa situs berita SEO yang terbukti memberikan informasi tentang perubahan SEO yang sedang berlangsung ketika itu terjadi dan tidak setelah terlambat untuk melakukan sesuatu tentang hal itu. 

Sumber daya yang dapat Anda gunakan:

Search Engine Roundtable – Situs web yang harus diikuti oleh semua pakar SEO. Berita harian tentang segala sesuatu yang terjadi di industri SEO. Bagi saya, ini adalah situs berita SEO paling berharga dan berguna di industri kami.

Search Engine Land – Salah satu situs web tertua di industri SEO. Sebelumnya dimiliki oleh Danny Sullivan, sekarang dia bekerja untuk Google.

Google Blog – Google baru-baru ini membuat blog untuk berbagi berita terkait produk Google. Mereka kadang-kadang berbagi berita tentang pencarian Google juga.

Blog pencarian Google – blog oleh Google yang didedikasikan untuk Pencarian.

Blog Webmaster Google – blog webmaster Google resmi. Ikuti untuk mendapatkan berita tentang perubahan terbaru dalam pencarian.

SEO Blog – Blog SEO kami sendiri. Ini diperbarui setiap minggu dengan panduan, artikel langkah demi langkah, dan sumber daya untuk membantu Anda berlatih SEO secara efisien.


6. Pilih Alat SEO yang Tepat

Yang benar adalah Anda tidak bisa melakukan SEO sendirian. Ada begitu banyak informasi untuk diproses dan keputusan yang harus diambil dan jika Anda mencoba melakukan semuanya secara manual, Anda akan menghabiskan waktu berharga Anda menganalisis angka alih-alih mengerjakan tugas yang bisa memberi Anda hasil yang lebih baik.

Juga benar bahwa alat SEO yang bagus membutuhkan biaya tetapi dalam jangka panjang pengembaliannya jauh lebih banyak daripada biaya bulanan yang akan Anda bayarkan untuk alat SEO yang bagus. 

Alat SEO yang dapat Anda gunakan:

Alat Webmaster Google (Gratis) – Alat webmaster Google mungkin adalah salah satu alat yang paling berguna untuk SEO. Ini gratis dan dapat memberi Anda banyak informasi tentang situs web Anda. Baca panduan saya sebelumnya tentang cara menggunakan alat Webmaster untuk meningkatkan SEO Anda .

Google Analytics (Gratis) – Alat gratis lainnya dari Google. Anda dapat menggunakan analitik Google untuk mempelajari banyak hal tentang lalu lintas Anda dan bagaimana pengguna menavigasi situs web Anda. Ada banyak laporan untuk dijelajahi dan banyak metrik untuk dianalisis. Artikel ini, Google analytics untuk pemula , adalah tempat yang bagus untuk memulai.

SEMRUSH (Berbayar) – Ini adalah alat SEM favorit saya. Ini tidak gratis tetapi Anda dapat menggunakannya untuk SEO, kampanye PPC, analisis pesaing, penelitian kata kunci, pembuatan tautan, pemantauan media sosial, dan banyak lagi. Ini sering diperbarui dengan fitur-fitur baru dan ini adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk SEO Anda.

Ahrefs (Berbayar) – Alternatif untuk SEMRUSH. Muncul dengan langganan bulanan tetapi juga salah satu alat SEO yang paling dihormati di industri ini. Muncul dengan uji coba gratis 7 hari sehingga Anda dapat mengujinya sebelum membeli.

Google Keyword Planner (Gratis) – Alat kata kunci Google adalah alat penelitian kata kunci gratis yang ditawarkan oleh Google. Anda dapat menggunakannya untuk mengetahui istilah pencarian apa yang diketik orang di kotak pencarian Google.


7. Praktek SEO – Jangan tinggal teori

SEO tidak teoretis tetapi sebagian besar praktis. Hasil dari mempelajari teori SEO harus berupa daftar tindakan yang dapat Anda terapkan ke situs web Anda dan meningkatkan eksposur Anda di mesin pencari.

Masalahnya adalah bahwa setiap situs web itu unik dan apa yang berhasil untuk satu situs web mungkin bukan solusi terbaik untuk yang lain. Itu sebabnya perlu untuk benar-benar berlatih SEO dan tidak hanya tinggal teori.

Membaca studi kasus tentang bagaimana orang lain berhasil berhasil dengan kampanye SEO, ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan ide-ide baru yang dapat Anda gunakan dan inspirasi yang Anda butuhkan untuk terus mencoba sampai Anda mendapatkan SEO yang benar.

8. Tunjukkan Keahlian SEO Anda

Mereka mengatakan bahwa salah satu cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mencoba menjelaskannya kepada orang lain. Ini benar dengan SEO juga.

Saya telah belajar banyak hal dan meningkatkan keterampilan SEO saya secara signifikan ketika saya mulai menulis tentang SEO.

Rekomendasi saya adalah memulai situs web atau blog SEO dan berbagi pengalaman SEO Anda dengan orang lain.

Seiring waktu Anda akan menemukan bahwa berbagi pengetahuan adalah cara yang bagus untuk mempelajari hal-hal baru tentang SEO dan pada saat yang sama Anda membantu orang lain, yang merupakan pengalaman yang sangat berharga.

9. Sabar

Tidak ada cara untuk berbicara tentang SEO dan tidak menyebutkan kata "sabar". SEO membutuhkan waktu untuk bekerja dan Anda tidak boleh terburu-buru mengambil kesimpulan terlalu cepat. 

Peringkat usia halaman dalam 10 Hasil Teratas Google

SEO bukanlah cara tercepat untuk meningkatkan lalu lintas Anda. Jika Anda ingin hasil langsung, cobalah kampanye PPC. SEO adalah tentang menciptakan bisnis berkelanjutan jangka panjang dengan membangun fondasi yang kuat yang akan memberi Anda lalu lintas organik 24/7 selama bertahun-tahun.

Sebelum membuat perubahan terkait SEO ke situs web Anda, Anda harus mencatat peringkat dan lalu lintas Anda (untuk jangka waktu tertentu), sebelum perubahan dan membandingkannya dengan periode waktu yang sama (dalam hal durasi), setelah perubahan.

Pantau peringkat dan lalu lintas Anda dan berikan waktu yang cukup sebelum mengambil keputusan lebih lanjut.

10. Ikuti petunjuk dari Pakar SEO yang mapan

Last but not least, dalam perjalanan Anda untuk menjadi ahli SEO, Anda akan menghadapi sejumlah kesulitan. Akan ada saatnya Anda akan kecewa, frustrasi, dan siap untuk menyerah.

Jangan khawatir, ini normal terjadi. Jika Anda membaca cerita orang lain, Anda akan mengerti bahwa tidak satupun dari mereka menjadi seperti sekarang ini karena mereka beruntung. Ini adalah hasil dari kerja keras dan berjam-jam pengujian dan membaca tentang SEO.

Daftar di bawah ini mencakup 5 pakar SEO yang harus Anda ikuti untuk mendapatkan inspirasi dan memahami bagaimana SEO dapat diterapkan dalam skala besar. Kelimanya telah berhasil membangun bisnis multi-juta dan mereka berhasil melakukannya karena mereka tahu cara menggunakan SEO dengan benar.

Baca cerita mereka dan luangkan waktu untuk menganalisis praktik SEO mereka. Anda mungkin menemukan bahwa terkadang mereka melakukan hal yang berbeda dari SEO 'tradisional' dan ini karena mereka memiliki kepercayaan diri dan keahlian untuk mencoba hal baru dan bereksperimen dengan SEO tanpa takut gagal.

Neil Patel – Salah satu pakar SEO paling dihormati di industri ini. Jangan hanya membaca blognya tetapi cobalah untuk menganalisis praktiknya dan bagaimana dia berhasil menggunakan SEO konten dalam skala besar.

Brain Dean – Dia ahli dalam membangun tautan. Blognya adalah sumber yang bagus untuk studi kasus dan teknik yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Eric Enge – Pembicara, Pendiri, dan CEO Stone Temple. SEO dengan pengalaman bertahun-tahun di industri ini.

Joost de Valk – Pendiri dan CEO Yoast, plugin SEO paling populer.

Rand Fishkin – Co-Founder MOZ, presenter hebat, dan pengusaha.


Kesimpulan

Setiap orang yang ada hubungannya dengan situs web atau bisnis online harus menjadi ahli SEO.

Daftar ini mencakup manajer pemasaran, pengembang, webmaster, desainer web, manajer media sosial, pakar PPC, wirausahawan solo, dan pemilik eCommerce.

Mengapa? Karena SEO adalah dasar dari semua kampanye pemasaran digital. Prinsip-prinsip SEO tidak hanya akan menjamin kemungkinan eksposur maksimum di mesin pencari tetapi mereka dapat membantu situs web dengan lebih banyak cara.

Menjadi Ahli SEO tidaklah mudah tetapi juga tidak sulit. Prosesnya mencakup banyak membaca, berlatih, dan menguji.

Jika Anda memulai sekarang, cara terbaik adalah mengikuti kursus SEO yang baik sehingga Anda memiliki semua informasi di satu tempat, menggunakan alat SEO yang tepat, dan yang terpenting mulai berlatih SEO. Belajarlah dari kesalahan Anda dan coba lagi.

Mesin pencari dan SEO akan tetap ada selama bertahun-tahun yang akan datang dan ini adalah investasi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis dan keterampilan pribadi Anda. 

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel