Apa itu SEO Off Page?

menu melayang

2021-07-14

Apa itu SEO Off Page?

 

teknik seo offpage

SEO Off-page mengacu pada teknik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan posisi situs web di halaman hasil mesin pencari (SERP). Banyak orang mengasosiasikan SEO off-page dengan pembuatan tautan tetapi lebih dari itu.

Secara umum, SEO Off-Page berkaitan dengan metode promosi – di luar konten situs web – untuk tujuan membuat peringkat situs web lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Mengapa SEO Off Page itu penting?

Mesin pencari telah berusaha selama beberapa dekade untuk menemukan cara untuk mengembalikan hasil terbaik kepada pencari.

Untuk mencapai ini, mereka memperhitungkan sejumlah faktor SEO on-page (dijelaskan di bawah), beberapa faktor kualitas lainnya, dan faktor SEO off-page.

SEO di luar halaman memberi mereka indikasi yang sangat baik tentang bagaimana Dunia (situs web dan pengguna lain) memandang situs web tertentu.

Sebuah website yang berkualitas tinggi dan bermanfaat lebih cenderung memiliki referensi ( backlink ) dari website lain. Ini lebih cenderung memiliki penyebutan merek di media sosial (suka Facebook, tweet, pin, dll.) dan lebih cenderung ditandai dan dibagikan di antara komunitas pengguna yang berpikiran sama.

Semua sinyal ini memberikan 'lampu hijau' ke mesin pencari untuk menentukan peringkat situs web yang lebih tinggi dalam hasil.

Manfaat SEO Off Page

Strategi SEO off-page yang sukses akan menghasilkan manfaat berikut bagi pemilik situs web:

Peningkatan peringkat – Ini adalah keuntungan paling penting dari SEO off-page. Situs web akan mendapat peringkat lebih tinggi di SERP dan ini juga berarti lebih banyak lalu lintas.

Peningkatan PageRank – Page rank adalah angka antara 0 dan 10 yang menunjukkan pentingnya sebuah website di mata Google.

Ini adalah sistem yang ditemukan oleh Larry Page dan Sergey Brin (pendiri Google) dan salah satu alasan mengapa Google menjadi begitu sukses dalam menampilkan hasil yang paling relevan kepada pencari.

Peringkat halaman hari ini hanya satu dari 250+ faktor peringkat yang digunakan Google untuk menentukan peringkat situs web.

Eksposur yang lebih besar – Peringkat yang lebih tinggi juga berarti eksposur yang lebih besar karena ketika sebuah situs web berada di peringkat teratas: mendapatkan lebih banyak tautan, lebih banyak kunjungan, dan lebih banyak sebutan media sosial. Ini seperti rangkaian peristiwa yang tidak pernah berakhir di mana satu hal mengarah ke yang lain dan kemudian ke yang lain dll.

Membangun Kepercayaan – Selain hal di atas, Google baru-baru ini memperkenalkan konsep Expertise, Authority, and Trustworthiness (EAT), yang memainkan peran penting dalam peringkat dan terkait langsung dengan SEO off-page.

Secara sederhana, Google ingin membuat peringkat situs web yang menunjukkan keahlian dan otoritas pada suatu subjek, dan salah satu cara untuk memastikan bahwa situs web yang diambil oleh algoritme dapat dipercaya adalah melalui jumlah dan jenis tautan masuk.

Misalnya, jika Anda ingin dianggap sebagai ahli dalam suatu subjek, tidak cukup bagi Anda untuk mengatakannya tetapi situs web terkait lainnya harus setuju dan ini diungkapkan melalui tautan yang mengarah ke situs web Anda.


SEO Off-Page Vs SEO On-Page 

off page seo vs on page seo

Untuk menghindari kebingungan bagi pemula, mari kita periksa hubungan antara SEO off-page dan jenis SEO lainnya seperti SEO on-page.

Untuk memahami perbedaan antara keduanya, Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu SEO.

SEO atau optimisasi mesin pencari adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan serangkaian proses yang bertujuan untuk mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari. SEO penting tidak hanya untuk mendapatkan pengunjung berkualitas tinggi dari pencarian, tetapi juga merupakan cara untuk meningkatkan keramahan pengguna situs web Anda dan meningkatkan kredibilitasnya.

Mesin pencari menggunakan algoritma kompleks untuk menentukan halaman mana yang akan dimasukkan dalam indeks mereka dan urutan mereka menampilkan halaman dalam hasil pencarian. SEO adalah cara untuk 'berbicara' dengan mesin pencari dalam bahasa yang dapat mereka pahami dan memberi mereka lebih banyak informasi tentang situs web Anda.

SEO memiliki dua komponen utama, On-Page dan Off-Page SEO.

SEO On-Page

SEO On-Page mengacu pada pengaturan yang dapat Anda ubah di situs web Anda sehingga dioptimalkan untuk mesin pencari.

Elemen SEO On-Page yang paling penting adalah:

  • Memiliki judul dan deskripsi yang dioptimalkan
  • Struktur URL yang Dioptimalkan
  • Navigasi yang mudah digunakan (breadcrumbs, peta situs )
  • Tautan internal yang dioptimalkan
  • Pemformatan Teks (penggunaan huruf tebal, miring, dll)
  • Tag H1 yang dioptimalkan dengan benar dan judul lainnya
  • Optimalisasi gambar (ukuran gambar, nama gambar yang tepat, penggunaan teks ALT )
  • 404 halaman yang mudah digunakan
  • Memuat halaman dengan cepat
  • Laman Mobile Friendly
  • Konten segar berkualitas tinggi (Ini selalu merupakan faktor SEO terpenting!)
  • Tautan eksternal (tidak ada tautan rusak atau tautan ke situs 'buruk')

SEO Off-Page

Di sisi lain, SEO off-page berkaitan dengan teknik yang dapat Anda gunakan di luar batas situs web Anda, oleh karena itu dinamakan 'off-page'.

SEO On-page berkaitan dengan aktivitas yang dapat Anda kendalikan sepenuhnya tetapi dengan SEO off-page terkadang di luar jangkauan Anda. Misalnya, mudah untuk memastikan bahwa kualitas konten Anda bagus, tetapi Anda tidak dapat memaksa seseorang untuk menautkan ke situs web Anda kecuali mereka menginginkannya.

Teknik SEO Off-Page

SEO Off Page

Seperti disebutkan di atas, SEO Off-page mengacu pada aktivitas yang dapat Anda lakukan di luar batas situs web Anda. Teknik SEO off-page yang paling penting adalah:

  • Membangun Tautan
  • Pemasaran media sosial
  • Sebutan Merek
  • Ulasan Pelanggan

Pembuatan tautan adalah teknik SEO off-Page yang paling populer dan efektif. Pada dasarnya, dengan membangun tautan ke situs web Anda, Anda mencoba mengumpulkan 'suara' sebanyak mungkin, sehingga Anda dapat melewati pesaing dan peringkat lebih tinggi.

Misalnya, jika seseorang menyukai artikel ini dan merujuknya dari situs web atau blognya, maka ini seperti memberi tahu mesin pencari bahwa halaman ini memiliki informasi yang bagus.

Selama proses pemeringkatan, mesin pencari akan mempertimbangkannya saat memutuskan halaman mana yang akan ditampilkan di atas hasil untuk istilah 'Off-Page SEO'.

Selama bertahun-tahun para webmaster telah mencoba membangun tautan ke situs web mereka untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan mereka 'menemukan' sejumlah cara untuk meningkatkan jumlah tautan.

Mesin pencari 'memaksa' ini untuk menambahkan lebih banyak aturan ke algoritma mereka dan mulai membedakan antara tautan baik dan tautan buruk.

Mari kita lihat perbedaan antara keduanya dan mengapa itu penting.

Apa itu tautan yang buruk?
Tautan buruk adalah tautan yang dibuat secara artifisial oleh webmaster dengan tujuan untuk menipu algoritma mesin telusur.

Contoh tautan buruk yang paling umum adalah:

Direktori Blog – Setiap entri memiliki tautan yang menunjuk ke situs web.

Forum Signatures – Banyak orang berkomentar di forum dengan tujuan semata-mata untuk mendapatkan tautan kembali ke situs web mereka (mereka menyertakan tautan dalam tanda tangan mereka).

Tautan komentar – Konsep yang sama dengan tanda tangan forum di mana Anda akan berkomentar di beberapa situs web atau blog lain untuk mendapatkan tautan kembali. Lebih buruk lagi tidak menggunakan nama asli Anda, Anda dapat menggunakan kata kunci sehingga alih-alih menulis 'komentar oleh Jasa SEO', Anda menulis 'komentar berdasarkan Aturan SEO'.

Direktori Artikel – Dengan menerbitkan artikel Anda di direktori artikel, Anda bisa mendapatkan tautan kembali ke situs web Anda.

Beberapa direktori artikel hanya menerima konten unik sementara direktori lain menerima apa saja dari artikel spin hingga artikel yang sudah diterbitkan.

Shared Content Directories – Situs web seperti 'hub Pages' memungkinkan Anda untuk mempublikasikan konten dan sebagai imbalannya, Anda dapat menambahkan beberapa tautan yang mengarah ke situs web Anda.

Link exchange schemes – Mencoba mempublikasikan konten, Anda dapat menghubungi webmaster lain dan bertukar tautan. Dengan kata lain, saya dapat menautkan situs web Anda dari situs saya dan Anda dapat melakukan hal yang sama. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan dapat melakukan pertukaran yang lebih rumit dengan melakukan tautan 3 arah: Saya menautkan ke situs web Anda dari situs web saya tetapi Anda menautkan ke situs web saya dari situs web lain.

Perhatikan bahwa saya menggunakan bentuk lampau untuk menjelaskan semua metode di atas karena bukan hanya metode tersebut tidak berfungsi hari ini, Anda bahkan tidak boleh mencobanya.

Jika Anda mencoba 'menipu' mesin telusur yang membangun tautan buatan, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan penalti daripada kenaikan peringkat (terutama jika menyangkut Google).

Apa itu tautan yang bagus?

Jadi, jika tautan di atas tidak bermanfaat, tautan apa yang bagus? Berikut adalah ringkasan karakteristik utama tautan yang baik:

Tautan yang baik berasal dari situs web tepercaya – Salah satu konsep dasar yang perlu Anda pahami tentang pembuatan tautan dan tautan bukan hanya masalah kuantitas tetapi juga masalah kualitas.

Dengan kata lain, tidak lagi penting berapa banyak tautan yang mengarah ke situs web Anda, tetapi lebih penting dari mana tautan ini berasal.

Misalnya, tautan dari blog biasa tidak memiliki 'nilai' yang sama dengan tautan dari New York Times atau dari situs web lain yang sangat tepercaya di Internet.

Tautan yang baik berasal dari situs web terkait – Agar tautan memiliki nilai, tautan itu harus diberikan oleh situs web terkait. Misalnya, jika Anda membuat blog tentang SEO dan Anda mendapatkan tautan dari blog mode, itu tidak memiliki 'nilai' yang sama dengan tautan yang berasal dari blog terkait.

Tautan yang baik memiliki anchor teks yang relevan – Anchor Teks adalah deskripsi teks dari suatu tautan dan memberikan petunjuk besar kepada mesin telusur tentang halaman target. Tautan yang baik harus memiliki anchor teks yang relevan.

Misalnya, tautan yang mengarah ke posting ini dengan teks 'apa itu SEO off-page' lebih penting daripada tautan dengan anchor 'klik di sini'.

Tautan yang baik TIDAK memiliki tag 'nofollow' – Dalam upaya mereka untuk memerangi tautan spam dan untuk memberi webmaster cara menautkan ke situs web tanpa melewati 'link juice' (misalnya dalam hal iklan),mesin pencari memperkenalkan apa yang dikenal sebagai " tautan nofollow ".

Ini adalah tag khusus yang dapat Anda tambahkan ke tautan yang memberi tahu mesin telusur untuk tidak menghitung tautan tertentu sebagai 'suara kepercayaan' ke situs web yang dirujuk.

nofollow link

Ini dilakukan agar Anda dapat menautkan ke situs web lain dari situs Anda tanpa mengambil risiko tertangkap karena menjual atau bertukar tautan.

Dalam hal SEO off-page, tautan yang membawa tag 'nofollow' diabaikan oleh mesin pencari dan tidak berpengaruh pada peringkat Anda.

Bagaimana cara mendapatkan tautan berkualitas tinggi untuk situs web Anda?

Jika Anda bertanya kepada Google, mereka akan memberi tahu Anda bahwa tautan apa pun yang mengarah ke situs web Anda harus berupa tautan alami.

Tautan alami persis seperti yang tersirat dari namanya. Pemilik situs web atau blogger menyukai situs web atau blog lain dan secara alami menambahkan tautan ke blognya.

Apakah ini benar-benar terjadi atau hanya mitos? Memang benar tetapi Anda harus berusaha sangat keras untuk sampai ke titik ini. Ambil contoh blog ini. Ini memiliki banyak tautan masuk karena webmaster lain menganggap kontennya menarik dan saya juga menautkan ke situs lain di artikel saya karena menurut saya konten mereka menarik.

Inilah yang dimaksud dengan membangun tautan alami. Sebuah link memiliki nilai lebih dari sudut pandang pembaca daripada sudut pandang mesin pencari.

Namun demikian, ada cara untuk membuat tautan ke situs web Anda yang mematuhi pedoman Google.

Teknik membangun tautan yang paling efektif adalah:

1. Publish link-worthy content – Ini mungkin terdengar klise tetapi sangat penting karena dua alasan.

Pertama, konten yang bagus akan memberi Anda tautan alami jika Anda mempromosikan halaman Anda dengan benar kepada orang yang tepat (menggunakan pemasaran media sosial).

Kedua, jika Anda tidak memiliki konten yang bagus, bahkan jika Anda berhasil mengamankan tautan, halaman Anda tidak akan diberi peringkat. Faktor peringkat yang lebih penting daripada tautan adalah memiliki konten yang memenuhi maksud pengguna. Jika keduanya tidak ada (konten dan tautan bagus), Anda tidak akan dapat menentukan peringkat.

Contoh konten layak tautan adalah : studi kasus, penelitian orisinil, pendapat berbeda tentang suatu topik, dan umumnya konten yang unik dan tidak biasa.

2. Guest Post di situs web lain – Guest Post adalah metode populer untuk mendapatkan tautan ke situs web Anda. Idenya sederhana:

  • Anda menemukan situs web yang menerima kiriman dari penulis tamu
  • Anda melempar mereka dengan ide-ide Anda
  • Anda mendapatkan posting yang diterbitkan dengan tautan yang menunjuk ke situs web Anda

Masalahnya adalah bahwa webmaster telah menyalahgunakan metode ini selama bertahun-tahun dan Google menambahkan aturan ke algoritma mereka untuk mendeteksi dan menurunkan nilai tautan Guest Post.

Mereka tidak sepenuhnya mengabaikannya, mereka masih memiliki nilai jika berasal dari situs web tepercaya yang juga memiliki banyak konten sendiri dan bukan hanya Guest Post.

Dengan kata lain, jika sebuah situs web hanya menerbitkan posting dari penulis tamu, maka kemungkinan tautan tidak akan memiliki nilai atau efek positif apa pun pada peringkat Anda. Tetapi tautan dari situs web yang memiliki peringkat bagus dan konten bagus yang dihasilkan dari penulis dan kontribusi tamu mereka sendiri, dapat berdampak positif pada peringkat Anda.

3. Meminta tautan – Teknik populer lainnya untuk membangun tautan adalah meminta tautan. Saya bukan penggemar berat metode ini, tetapi saya mendapatkan puluhan email per hari yang meminta tautan.

Idenya adalah Anda menemukan situs web terkait, mengirim email kepada mereka, dan meminta untuk menautkan ke konten Anda.

Peluang mendapatkan balasan positif terbatas tetapi tidak nol sehingga metode ini berfungsi, Anda harus mengirim banyak email.

Saya tidak suka metode ini karena sejumlah alasan tetapi orang lain menggunakannya dan itu berhasil jika Anda bersedia melakukannya dalam skala besar.

4. Menautkan ke situs web lain dari konten Anda – Versi yang lebih baik dari metode di atas adalah menautkan ke situs web lain dari konten Anda dan mengirim email kepada mereka untuk memberi tahu mereka tentang hal itu. Webmaster akan dengan senang hati menerima tautan dan membalas budi.

Ini berbeda dari pertukaran tautan (yang bertentangan dengan pedoman Google) karena terserah mereka untuk mengembalikan tautan dan itu bukan bagian dari kesepakatan atau perjanjian berbayar.

5. Memublikasikan visual yang layak untuk tautan – Ini adalah teknik lama yang masih berfungsi dengan baik. Idenya adalah untuk mempublikasikan visual yang bagus di situs web Anda (infografis, statistik, grafik, ilustrasi, bagan) yang mungkin berguna bagi orang untuk ditambahkan ke konten mereka dengan tautan ke sumber aslinya.

SEO Off Page dan SEO Black Hat

Pembuatan tautan adalah cara mudah untuk memanipulasi algoritma mesin pencari dan banyak spammer mencoba memanfaatkan ini dengan membangun jaringan tautan yang secara bertahap mengarah pada penciptaan apa yang umumnya dikenal sebagai SEO Black Hat. Google menjadi sangat cerdas dalam mengenali Black Hat teknik dan dengan merilis beberapa pembaruan algoritmik, mereka berhasil mengendalikan masalah dan melindungi hasil pencarian mereka dari spammer.

Yang paling penting adalah:

  • Panda – Awalnya dirilis pada Februari 2011, menargetkan situs web dan kumpulan konten berkualitas rendah
  • Penguin – Diperkenalkan pada tahun 2012, menargetkan kumpulan tautan, tautan berkualitas rendah, dan anchor teks yang terlalu dioptimalkan.
Pemasaran media sosial

Pemasaran media sosial adalah bagian dari 'SEO Off Page' dan jika Anda memikirkannya, ini juga merupakan bentuk membangun tautan.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang pemasaran media sosial dan SEO Off Page:

Google secara resmi menyatakan bahwa sinyal sosial (seperti suka, komentar, bagikan) tidak secara langsung memengaruhi peringkat. Alasan utamanya adalah bahwa mereka dapat dengan mudah dimanipulasi atau dibayar dan mereka tidak mewakili gambaran yang akurat tentang seberapa populer posting sosial.

Perlu juga dicatat bahwa hampir semua tautan yang Anda dapatkan dari situs media sosial adalah “nofollow”, yang artinya diabaikan oleh mesin pencari.

Jadi, mendapatkan ribuan suka untuk posting Anda secara artifisial, tidak akan membantu situs web Anda sama sekali. Tapi, jika sebuah postingan mendapat perhatian nyata di media sosial atau bahkan menjadi viral, ini akan berdampak langsung pada peringkat Anda.

Postingan populer dilihat oleh ribuan orang dan kemungkinan besar webmaster benar-benar menautkan ke postingan Anda dari blog mereka.

Cara lain untuk berpikir tentang cara menggunakan media sosial untuk tujuan membangun tautan adalah ini:

Ketika Anda mempublikasikan posting, itu hanya akan dilihat oleh pengikut Anda dan kecuali jika peringkatnya tinggi dalam hasil, tidak ada orang lain yang akan membacanya atau menemukannya di Internet. Itu akan hilang dalam miliaran halaman yang diterbitkan.

Di sisi lain, jika Anda mempromosikan setiap posting Anda di media sosial dan menjangkau audiens yang lebih besar, kemungkinan besar lebih banyak orang akan membacanya dan ada kemungkinan beberapa orang akan menautkannya.

Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, Anda dapat mengoptimalkan kampanye media sosial Anda untuk menargetkan orang-orang yang lebih cenderung menautkan ke postingan Anda, daripada menampilkan postingan Anda ke khalayak umum.

Singkatnya, media sosial secara tidak langsung dapat membantu SEO off-page jika digunakan dengan benar.

Brand Mentions

Google menyukai merek dan lebih suka memberi peringkat situs web bermerek di hasil atas. Alasannya sama dengan penjelasan di atas tentang Expertise, Authority, dan Trustworthiness. Merek lebih dapat diandalkan dan cenderung dipercaya oleh pengguna dan ini berarti pengalaman pengguna yang lebih baik dan pengguna Google yang lebih bahagia.

Perbedaan antara penyebutan merek, pembuatan tautan, dan pemasaran media sosial adalah penyebutan merek tidak harus memiliki tautan yang menunjuk ke situs web Anda. Itu dapat menyebutkan merek Anda di forum, artikel, ulasan, atau jaringan media sosial.

Crawl Google dapat 'mengambil' sinyal ini dan mengevaluasinya untuk membuat gambaran yang lebih akurat tentang bagaimana merek Anda dipersepsikan oleh orang lain.

Sebagai bagian dari strategi SEO off-page Anda, Anda harus mengejar setiap penyebutan positif dari situs web, produk, atau penulis Anda dan memastikan bahwa Anda menanggapi komentar negatif atau menyesatkan.

Jika penyebutan merek ditautkan, itu lebih baik tetapi meskipun tidak, itu masih memiliki nilai. 

Ulasan Pelanggan

Ulasan pelanggan baik untuk bisnis, situs web, layanan, atau ulasan produk Anda, memiliki peran dalam peringkat Anda. Review adalah teknik SEO off-page yang paling efektif untuk pemasaran online lokal.

Sebagian besar ulasan akan memiliki tag 'nofollow' yang dilampirkan tetapi jika berasal dari situs web tepercaya (seperti Google Bisnisku, Yelp, TrustPilot, dll), ulasan tersebut dapat berdampak positif pada peringkat lokal Anda. Google mempercayai ulasan ini dan menggunakannya sebagai sinyal peringkat.

Jadi, jika Anda menjual produk atau layanan, klaim profil bisnis Anda di semua situs web ulasan utama dan minta pelanggan Anda untuk menerbitkan ulasan.

Menambahkan ulasan dalam strategi SEO off-page Anda akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak eksposur di mesin pencari dan membangun kepercayaan dengan pengguna Anda.

Kesimpulan

SEO Off Page sama pentingnya dengan SEO On Page. Jika Anda ingin kampanye SEO Anda berhasil, Anda harus melakukan keduanya.

Ketika berpikir tentang membangun tautan tidak mengambil cara yang mudah, tetapi cobalah untuk mendapatkan tautan dari tempat yang sulit didapat. Semakin sulit untuk mendapatkan tautan, semakin banyak nilai yang dimilikinya.

Di masa lalu, Anda bisa dengan mudah mendapatkan ribuan tautan dan peringkat lebih tinggi, tetapi saat ini Anda juga perlu memberikan perhatian khusus pada kualitas konten Anda.

Saran saya untuk pemula adalah berkonsentrasi dulu untuk membuat situs web yang hebat dengan konten yang luar biasa dan kemudian mulai mengerjakan SEO Off Page Anda untuk mendapatkan tautan yang dapat membuat perbedaan dalam peringkat Anda.

Cobalah setiap metode secara terpisah dan cari tahu apa yang terbaik untuk situs web Anda dan lakukan itu secara konsisten dan segera Anda akan melihat efek positif pada peringkat Anda.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel