Strategi Konten SEO Unik untuk Peringkat # 1 Tanpa Backlink

menu melayang

09 Mei 2021

Strategi Konten SEO Unik untuk Peringkat # 1 Tanpa Backlink

Kita terus mendengar bahwa konten adalah raja. Tulis konten yang bagus, Tapi seberapa benar pernyataan itu? Apakah ada yang namanya Strategi SEO Konten yang dapat Anda gunakan untuk peringkat # 1 tanpa backlink?

Strategi Konten SEO Unik

Seperti kebanyakan jawaban di SEO, Meskipun Anda mungkin tidak bisa mendapatkan posisi satu tanpa backlink untuk kata kunci yang sangat kompetitif, Anda pasti dapat meningkatkan peringkat Anda di Google hanya dengan mengoptimalkan konten Anda dan menerapkan strategi konten SEO yang hebat. 

Pada akhir posting blog ini, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Google memperlakukan tautan dan konten, Anda akan mendapatkan Strategi Konten SEO yang mungkin membantu peringkat # 1 di Google tanpa tautan balik.

1. Dapatkah Saya Benar-benar Menempati Peringkat # 1 Tanpa Backlink?

Belum lama ini saya melakukan banyak penelusuran untuk kata kunci farmasi, perjudian, dan perawatan kulit, secara singkat tentang kata kunci yang sangat kompetitif. 

Tujuan kami adalah mencari tahu apakah ada halaman dalam peringkat hanya berdasarkan konten berkualitas tinggi. 

Seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah yang diambil dari Pengoptimal Konten kognitifSEO, Anda dapat melihat bahwa ada banyak halaman tanpa atau hanya beberapa backlink tetapi konten yang sangat dioptimalkan, yang peringkatnya sangat baik. 

Argan oil foracne results

Saya tidak dapat menjawab pertanyaan ini dengan mudah, namun, dengan Google yang memberikan begitu banyak bobot pada konten akhir-akhir ini, saya dapat mengatakan bahwa strategi konten SEO yang baik dapat membantu Anda.

Tentu saja, itu tergantung pada apa yang Anda maksud dengan peringkat dan itu tergantung pada apa yang Anda maksud dengan backlink.

Misalnya, seseorang mungkin mengklaim peringkat mereka tanpa backlink, tetapi untuk apa peringkat mereka? Apakah peringkat mereka untuk persaingan tinggi, kata kunci volume pencarian tinggi, atau long tail, persaingan rendah, dan volume pencarian rendah?

Beberapa waktu lalu, Steven Kang memulai kontes di Grup Facebook SEOsignal, dengan hadiah $ 1000, kepada siapa pun yang dapat menemukan atau menunjukkan situs web yang menduduki peringkat # 1 di Google tanpa backlink.

kontes seo tanpa backlink

Namun, aturan untuk kontes ini sangat spesifik:

  1. Tidak ada tautan balik eksternal. Setiap tautan balik eksternal ke domain yang ditemukan akan di diskualifikasi.
  2. Situs ini dapat memiliki tautan internal karena beberapa klaim tautan internal seharusnya tidak dihitung untuk klaim tersebut.
  3. Situs harus ditulis dalam bahasa Inggris.

Satu tahun setelahnya, kontes masih tersedia. Belum ada yang memenangkannya.

kontes seo tanpa backlink

Dari kelihatannya… sepertinya sulit untuk mendapatkan peringkat di Google tanpa backlink.

Namun, dalam satu kasus, situs web di diskualifikasi padahal hanya memiliki tautan balik dari platform Media Sosial seperti Facebook, Twitter, dan Pinterest.

Tidak ada pemenang

Meskipun itu memang backlink, hampir setiap situs web memilikinya dan mereka tidak memberikan nilai sebanyak tautan kontekstual dari situs web yang relevan dan berkualitas tinggi.

Kontestan lain mengatakan bahwa kontes tersebut tidak adil, karena mereka tidak membeli atau membuat tautan, tetapi mereka datang secara alami, seperti yang diinginkan Google.

Namun… mereka masih backlink bukan?

Karena itu, kontes mengecualikan semua tautan, tidak hanya tautan yang dibeli, dibuat, atau dibeli. Mempertimbangkan hal ini, Media Sosial juga dikecualikan dan mungkin bentuk promosi online lainnya.

Jadi, dalam hal peringkat tanpa backlink… Apakah Anda berbicara tentang tautan ke laman web tertentu, atau tautan ke seluruh domain?

Apakah Anda berbicara tentang kata kunci yang dibuat tanpa volume pencarian sama sekali, atau tentang kata kunci yang menguntungkan, bersaing, dan sangat dicari dengan nilai pasar yang tinggi?

Jika Anda mencoba menentukan peringkat untuk kata kunci yang sangat kompetitif, di mana domain dengan peringkat teratas memiliki ribuan tautan balik yang mengarah ke mereka… Artinya adalah bahwa di samping strategi konten SEO yang solid, tautan masih penting dan jika pesaing Anda membangun, membeli atau mendapatkan tautan balik secara alami, Anda akan kesulitan mendapatkan peringkat # 1 dengan backlink nol.

Ada banyak contoh situs web yang mengungguli pesaing mereka dengan backlink yang lebih sedikit.

Misalnya, saya mengungguli Moz untuk kata kunci "jasa seo indonesia" meskipun saya hanya memiliki 23 domain perujuk, sedangkan halaman Moz memiliki lebih dari 1500.

Untuk frasa serupa lainnya, "apakah deskripsi meta itu penting", situs web lain memiliki peringkat yang sangat baik, dengan hanya 1 domain pengarah.


Ini adalah kata kunci yang cukup spesifik dan untuk frase yang paling kompetitif, "deskripsi meta", Moz masih mendominasi posisi teratas.

Peringkat hanya dengan beberapa backlink ke halaman web tentu masih sangat mungkin, jika Anda memiliki konten yang tepat.

Tetapi mungkin perlu memiliki setidaknya beberapa tautan balik yang mengarah ke domain Anda.

Internet tidak akan berfungsi dengan baik tanpa tautan. Mesin telusur menggunakan tautan untuk merayapi seluruh web.

Juga benar bahwa tanpa tautan balik yang mengarah ke domain Anda, Google akan kesulitan merayapi dan mengindeks situs Anda.

Namun, perlu diingat bahwa backlink sendiri tidak akan banyak membantu jika konten tidak memuaskan pengguna. Setelah pembaruan Algoritma Penguin, cukup jelas bahwa Google siap melawan spam tautan.

Mungkin posisi teratas tidak dapat dicapai dengan backlink nol, tetapi Anda tidak memerlukan posisi teratas untuk meningkatkan lalu lintas pencarian Anda. 

Anda dapat meningkatkan peringkat di Google hanya dengan mengoptimalkan konten Anda bahkan untuk kata kunci volume pencarian yang tinggi dan kompetitif.

Mari kita lihat mengapa Google menjauh dari backlink dan lebih ke konten. 

2. Mengapa Google Mendorong Lebih Banyak Beban pada Faktor Peringkat Konten?

Kembali pada tahun 2017, saya menemukan korelasi besar antara skor Performa Konten yang telah saya kembangkan dan beri peringkat.

Saya mengulangi pengujian setelah 2 tahun, pada tahun 2019 konten menjadi lebih penting sekarang.

Konten adalah raja

Algoritme yang saya gunakan agak rumit, menggunakan campuran teknologi AI dan hal-hal seperti LSI dan Flesch – Kincaid untuk menentukan apa yang membuat sebuah konten mendapat peringkat tinggi. Upaya untuk menghapus backlink dari algoritma telah dilakukan sebelumnya melalui Disavow.

Mengapa? Sebagian besar karena spam. Selama backlink adalah sinyal peringkat, orang akan mencoba menyalahgunakannya.

Pada tahun 2013, Yandex, mesin pencari Rusia, menghapus backlink dari algoritme mereka dalam upaya menghentikan spam tautan.

Meskipun hanya berlaku di hasil penelusuran lokal Moskow dan hanya untuk kueri komersial, perubahan tersebut berumur pendek, karena tautan tersebut kembali muncul setahun kemudian.

Pejabat di Yandex menyatakan bahwa perubahan itu "secara teknologi cukup berhasil", tetapi orang-orang tetap membeli backlink dan melakukan spam web, jadi mereka memutuskan untuk mengembalikannya.

Namun, mereka mengembalikannya dengan perubahan substansial: Tautan tidak hanya menjadi sinyal peringkat positif, tetapi juga negatif, seperti dengan pembaruan Penguin Google.

Yandex tidak mau mengakui kegagalan mereka.

Tetapi jika itu berhasil, tidak bisakah mereka menggunakan tautan spam sebagai sinyal negatif saja? Tanpa menggunakan tautan lain sebagai tautan positif?

Google juga telah menguji peringkat tanpa tautan balik dalam algoritme mereka.


Namun, mereka sampai pada kesimpulan bahwa hasilnya terlihat jauh lebih baik ketika tautan balik adalah sinyal peringkat.

Sayangnya, ada masalah lain dengan tautan balik selain membelinya. Misalnya. Google mengklaim mereka dapat mengenali dan mengabaikan jenis tautan ini dengan Penguin 4.0, tetapi apakah itu benar-benar mungkin?

Saya tidak yakin. Saya telah melihat banyak kasus di mana situs web mengalami penurunan lalu lintas segera setelah lonjakan tautan balik yang tidak wajar yang jelas dibuat oleh orang lain.

Anda akan berpikir bahwa orang-orang yang terlibat dalam SEO secara Negatif akan mencoba meniru pembuatan tautan ... tetapi itu mungkin juga menghasilkan hasil yang positif untuk target.

Jadi, serangan ini biasanya sangat jelas. Spam murni. Dan Google masih menghukum situs tersebut. Jadi, jelas mereka kesulitan berurusan dengan semua perdagangan tautan dan spam ini.

Ini, dikombinasikan dengan upaya terus-menerus dari SEO untuk mendapatkan tautan balik dengan cara yang tidak wajar, telah mendorong Google menjadi ingin menghukum tautan balik.

Tautan balik adalah sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan. Namun, strategi konten SEO dapat Anda kendalikan.

Dengan pembaruan algoritma seperti Penguin (yang menghukum tautan berisi spam) dan Panda (yang menghukum konten berisi spam), Google menunjukkan kepada kami bahwa Google memberi bobot lebih pada konten.


Tetapi meskipun mesin pencari tidak menyukainya, sepertinya tautan masih akan bertahan untuk sementara waktu, seperti yang dinyatakan Matt Cutts dalam video di atas.

Namun, dengan perangkat lunak AI yang juga dapat menulis konten seperti manusia menjadi lebih baik , sekarang sudah menjadi canggih hingga ada perangkat Lunak AI yang dapat menulis konten sendiri.

Meskipun AI dapat digunakan untuk kebaikan, itu juga dapat digunakan untuk merugikan, dari SEO blackhat yang relatif tidak berbahaya hingga outlet berita palsu yang sangat berbahaya.


Saya telah lama mengetahui bahwa konten merupakan faktor peringkat yang penting, tetapi sekarang saya baru tahu alasannya.

Jadi mari kita lihat bagaimana tepatnya Anda dapat meningkatkan peringkat Anda di Google tanpa membangun tautan apa pun, hanya dengan mengoptimalkan konten Anda.

3. Strategi Konten SEO Langkah-demi-Langkah untuk Menempati Peringkat # 1 Tanpa Tautan

Mengapa Google semakin memberi bobot pada sisi konten SEO. Anda juga tahu bahwa tautan balik adalah sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan sepenuhnya.

Tapi bagaimana tepatnya Anda memberi peringkat tanpa tautan? Strategi konten SEO langkah demi langkah apa yang dapat Anda terapkan agar berhasil?

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk memiliki kesempatan mendapatkan peringkat tanpa tautan.

3.1. Identifikasi Audiens Utama Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menulis adalah mengidentifikasi audiens target Anda. Anda bisa mulai dengan apa yang paling diingat oleh audiens dan membangun dari sana.

Siapa yang akan tertarik dengan konten Anda dan bagaimana Anda dapat membuat konten Anda menarik bagi mereka? Siapa klien Anda? Berapa umur mereka? Siapa teman mereka? Dimana mereka berada? Bagaimana mereka berbicara?

Lebih mudah melakukan ini bila Anda sudah memiliki beberapa klien atau pembaca. Lihat saja klien dan pembaca terbaik Anda sejauh ini.

Siapa yang membeli dari Anda? Siapa yang mengulas produk? Siapa yang mengomentari blog dan profil media sosial Anda?

Jika Anda baru memulai dan tidak tahu… maka pertimbangkan untuk melakukan riset pasar.

Saya tahu kedengarannya rumit, tetapi Anda dapat memulai hanya dengan membuat Formulir Google dan membagikannya di beberapa Grup Facebook, meminta bantuan dengan membuat survey. Memang tidak banyak, tapi lebih baik daripada tidak sama sekali.

Jangan fokus pada fitur dengan produk Anda, tetapi pada manfaat. Jangan berpikir tentang kebutuhan, tetapi tentang keinginan. Keinginan lebih kuat dari pada kebutuhan.

Dan jangan mencari jawaban dari penelitian Anda tetapi perasaan dan emosi yang kemudian dapat Anda gunakan untuk meyakinkan mereka agar membeli.

Itulah yang pada akhirnya ingin Anda tangani dan itulah yang akan membuat penjualan / keterlibatan.

Langkah ini mungkin lebih berguna untuk produk dan kata kunci komersial dan lebih sedikit untuk kueri informasional. Namun, Anda tetap dapat membahas hal-hal seperti nada suara untuk audiens Anda.

Anda juga dapat mencoba menciptakan persona pelanggan / pembaca ideal Anda dan mencoba menulis seolah-olah Anda sedang berbicara langsung dengan orang itu.

3.2. Lakukan Riset & Audit Kata Kunci yang Mendalam

Langkah yang sangat penting ketika mencoba mengoptimalkan konten adalah dengan penelitian kata kunci.

Apa yang Anda targetkan sekarang?

Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk dengan mudah menentukan kata kunci yang sudah Anda rangking.

kata kunci webmaster

Bisakah Anda meningkatkan konten yang sudah ada ini? Atau haruskah Anda menargetkan kata kunci baru? Ini adalah pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri saat menyusun strategi konten SEO Anda. 

Anda juga dapat menggunakan Tools SEO Keyword Explorer untuk mengidentifikasi topik baru yang dapat Anda targetkan.

Tools keyword

Setelah Anda selesai, petakan kata kunci ini ke dalam file excel dan pilah berdasarkan relevansi dan kepentingannya.

3.3. Buatlah Daftar Kata Kunci yang Dapat Anda Dominasi Secara Realistis

Ini bagian yang lebih sulit. Manakah dari kata kunci tersebut yang dapat Anda peringkat secara realistis lebih baik?

Setelah Anda menentukan daftar kata kunci yang akan Anda gunakan, Anda harus melihat dua hal:

Performa Konten dan Performa Domain.

Anda dapat menggunakan bagian Analisis Peringkat dari Alat Pengoptimal Konten .

keyword tools seo


Meskipun Performa Konten adalah sesuatu yang bisa kendalikan namun tautan balik bukanlah sesuatu yang dapat kita kendalikan.

3.4. Analisis Maksud Pencarian Kata Kunci Anda

Maksud penelusuran dan pengalaman pengguna sangat penting. Ini adalah metrik utama di tahun 2020 dan seterusnya.

Jika Anda tidak cocok dengan maksud pencarian dengan baik, pengguna akan mendapatkan pengalaman buruk di situs Anda.

Salah satu contoh terbaik dari maksud penelusuran adalah transaksional vs. informasional.

Dengan adanya kata kunci "sepatu lari pria", situs web eCommerce cenderung memiliki peringkat yang lebih baik.

Namun, untuk kata kunci seperti "sepatu lari terbaik untuk pria", ulasan dan panduan pembeli akan cenderung memiliki peringkat yang lebih baik.

user intent


Orang-orang hanya mencari jenis konten yang berbeda pada setiap kata kunci tersebut.

Apa yang pada akhirnya ingin Anda ketahui adalah apa yang dicari pengguna Anda saat mencari kueri tertentu dan mengakses situs web Anda.

Untuk posting blog ini saya tahu bahwa ada dua kemungkinan maksud yang sangat erat kaitannya satu sama lain: "dapatkah Anda memberi peringkat tanpa backlink" & "cara melakukannya". Artikel saya hanya menarik kebutuhan tersebut.

Cara yang baik untuk menganalisis maksud penelusuran adalah dengan melihat apa yang sudah diberi peringkat dengan baik.

3.5. Optimalkan Landing Page / Per Kata Kunci & Per Search Intent

Pertama, mempertimbangkan pengoptimalan halaman arahan untuk satu kata kunci utama dan satu Search Intent per halaman.

Terkadang Anda dapat menggabungkan kata kunci yang sangat mirip, tetapi cobalah sebisa mungkin untuk tetap menggunakan maksud penelusuran yang sama.

Ingat, jika hasil mesin pencari serupa untuk kata kunci ini, mereka mungkin memiliki maksud pencarian yang serupa juga. 

Anda juga dapat mengimpor URL jika konten Anda sudah ditayangkan.

Kemudian, cukup klik Periksa Skor di tools content optimizer, alat ini akan menganalisis konten Anda, memberi tahu Anda skor dan merekomendasikan Anda beberapa ide kata kunci.

content optimizer

Idenya adalah menambahkan kata kunci tersebut ke dalam posting blog Anda. Kata kunci dengan titik-titik di sebelah kiri mereka adalah yang paling penting. Anda harus menggunakannya beberapa kali di seluruh konten Anda.

Jika kata kunci yang direkomendasikan alat tampaknya tidak cocok atau memiliki kesalahan tata bahasa di dalamnya, jangan paksakan.

Anda tidak perlu skor 100%. Alat ini akan menentukan berapa banyak yang perlu Anda jangkau.

Namun, Anda juga dapat mencoba melakukannya secara bertahap. Pertama, optimalkan untuk beberapa poin di atas rata-rata, lalu perbarui konten Anda setelah beberapa minggu ke skor yang disarankan.

3.6. Tulis Konten yang Menonjol dan Layak Dibagikan

Cara yang bagus untuk melakukan ini adalah menulis konten tentang pertanyaan kompleks yang sangat sering ditanyakan di industri Anda, atau studi kasus.

Selain itu, pastikan Anda memiliki Judul, dan Deskripsi yang hebat.

Optimalkan judul Anda dengan kata kunci untuk SEO, tetapi juga membuat mereka tetap menarik bagi Media Sosial.

Anda dapat menggunakan properti Open Graph untuk mengatur judul yang berbeda untuk SEO dan Media Sosial, Konten panjang cenderung berkinerja lebih baik dalam hasil pencarian organik.

Ketika orang mencari sesuatu, Anda sudah tahu mereka tertarik padanya. Itu sebabnya SEM memiliki tingkat konversi yang begitu tinggi dan orang menghabiskan waktu membaca artikel yang mendalam.

Anda dapat melihat hasil pencarian peringkat teratas untuk kata kunci Anda di bagian Analisis Peringkat dari Alat Pengoptimal Konten.

keyword tools strategi

Untuk kata kunci khusus ini, Anda dapat melihat bahwa konten peringkat teratas rata-rata antara 2500 dan 5000 kata, meskipun kita bahkan dapat melihat artikel dengan hanya 1800 kata di 10 teratas.

Biasanya, ada baiknya untuk masuk peringkat rata-rata 10 teratas ditambah beberapa ratus kata, hanya untuk memastikan. Tapi ini bukan tentang kuantitas, ini tentang kualitas.

Di Media Sosial, orang-orang menelusuri hal-hal yang berbeda dan tidak benar-benar mencari topik tertentu, sehingga mereka mungkin lebih suka hal-hal langsung ke intinya.

3.7. Luncurkan & Bagikan Konten Anda dengan Influencer Utama

Setelah Anda menulis dan menerbitkan konten Anda, saatnya untuk mempromosikannya. Ini harus menjadi bagian penting dari strategi konten SEO Anda.

Kami membuat studi beberapa tahun yang lalu tentang sinyal sosial yang mempengaruhi peringkat dan tampaknya kehadiran yang kuat di jejaring sosial berkorelasi dengan peringkat yang lebih baik.

social signal

Setelah konten Anda ditayangkan, saatnya untuk membagikannya dengan influencer yang sesuai.

Siapa influencer ini? Nah, orang-orang yang memiliki pengikut yang cocok dengan target audiens Anda.

Jika mereka tidak mendengar tentang konten Anda ... mereka tidak dapat membagikannya atau membicarakannya.

Ini juga merupakan ide yang baik bahwa influencer itu sendiri tertarik atau beresonansi dalam topik dan cara Anda menyajikannya.

Salah satu strategi SEO yang lebih canggih adalah merencanakan konten Anda ke depan.

Anda harus persuasif dan juga merupakan ide yang baik untuk membangun kepercayaan dengan mereka sebelumnya, dengan membagikan konten mereka dan mengomentarinya atau terlibat dengan mereka.

Teknik lain yang mudah diterapkan adalah meminta kutipan dari para ahli di industri Anda atau melakukan wawancara.

Salah satu contoh adalah artikel saya dulu tentang kesalahan SEO, Meskipun saya menawarkan banyak nilai, sayai juga menggunakan reputasi tamu untuk memanfaatkan jangkauan konten saya.

Tentu saja, itu tidak dijamin untuk bekerja, tetapi kebanyakan dari mereka akan dengan senang hati membagikan konten di profil sosial atau blog mereka.


Anda dapat memata-matai pesaing Anda dan melihat influencer mana yang telah menyebutkan konten mereka.

influencer monitoring

Kemudian, terlibat dengan mereka dan mencoba membangun hubungan.

3.8. Pantau Kinerja Konten Anda

Anda harus memastikan bahwa Anda dapat melacak kemajuan anda jika ingin mengetahui seberapa sukses modifikasi anda.

Google Search Console adalah cara yang bagus untuk memantau lalu lintas dan posisi penelusuran organik.

Namun, data di sana mungkin kadang-kadang sedikit membingungkan dan sulit difilter. Anda mungkin juga tertarik dengan alat pihak ketiga, seperti Rank Tracker.

Selain itu, tidak semua lalu lintas berasal dari Google, jadi Anda mungkin juga menginginkan alat seperti Google Analytics untuk memantau sumber traffic lainnya.

Untuk secara tepat memantau efektivitas teknik SEO OnPage ini, pastikan Anda tidak membuat perubahan besar lainnya pada situs web.

3.9. Perbarui Konten Anda Sesekali

Google menyukai konten segar. Itu sebabnya memperbaruinya dari waktu ke waktu harus menjadi bagian dari strategi konten SEO Anda.

Metode kami juga berfungsi dengan sangat baik untuk konten lama, jadi jangan hanya fokus pada konten baru. Ada baiknya untuk memeriksa skor konten dari waktu ke waktu untuk melihat apakah masih dalam kondisi yang baik.

jangan mencoba mengelabui Google hanya dengan mengubah tanggal untuk membuat konten Anda terlihat segar.

Yang terbaik adalah jika Anda benar-benar meninjau konten dan membuat beberapa perbaikan / modifikasi.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan peringkat tinggi, fokusnya seharusnya tidak pada backlink, tetapi pada strategi konten SEO yang solid. Dapatkan konten Anda di bawah mata orang yang tepat, dan Anda akan melihat BACKLINK yang mengalir masuk.

Menerapkan strategi konten SEO ini dapat membantu Anda dengan mudah mendapatkan peringkat tanpa repot mendapatkan tautan. Backlink akan datang secara alami.

Anda tidak perlu backlink untuk setiap artikel. Anda hanya perlu beberapa artikel yang membawa tautan untuk menumbuhkan otoritas domain Anda.

Kemudian Anda dapat menggunakan tautan tersebut untuk meneruskan otoritas itu ke semua artikel Anda, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan peringkat.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel