Bagaimana Cara Memulihkan Hukuman Dari Google

menu melayang

20 Mei 2021

Bagaimana Cara Memulihkan Hukuman Dari Google

 

Google Penalty
SEO adalah permainan kompleks yang penuh kejutan. Anda dapat berinvestasi dalam SEO hanya jika situs Anda tidak dihukum oleh pembaruan algoritma Google atau tindakan manual.

Jika Anda melihat lalu lintas situs web Anda tiba-tiba turun atau posisi Anda di peringkat SERP jatuh, situs Anda mungkin telah menjadi korban hukuman Google.

Memperbaiki hukuman ini harus menjadi prioritas utama, karena penurunan peringkat mesin pencari Anda dapat mengakibatkan hilangnya pelanggan dan penjualan. Untungnya, mengajukan banding dan memperbaiki hukuman ini dimungkinkan, tetapi Anda perlu memahami penyebabnya sebelum Anda dapat memperbaiki masalah.

Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara mengetahui apakah situs Anda telah dihukum dan menjelaskan dengan tepat apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki skor Anda.

Apa Itu Google Penalty?

Hukuman Google adalah hukuman yang diberikan Google ke situs yang gagal mengikuti Pedoman Webmaster mereka. Hukuman dapat diberikan secara otomatis oleh algoritma Google atau secara manual, oleh auditor Google.

Beberapa penalti adalah hasil dari pembaruan algoritma Google, seperti dalam kasus pembaruan Panda dan Penguin .

Pikirkan hukuman Google seperti kartu merah dalam sepak bola. Wasit (Google) mengatakan Anda melakukan sesuatu yang salah dan Anda dipaksa untuk keluar di sisa permainan.

Saat situs web Anda menerima penalti, situs web Anda, seperti pemain sepak bola, dipaksa untuk tidak main hingga solusi ditemukan. Ini biasanya berarti Anda mungkin tidak lagi terdaftar dalam hasil pencarian atau peringkat Anda untuk kata kunci yang ditargetkan.

Meskipun hukuman Google dirancang untuk menghentikan taktik SEO black hat dan pelanggaran aturan online lainnya, hukuman tersebut juga dapat terjadi pada situs yang jujur ​​atau tidak melakukan kesalahan sama sekali. Terkadang, itu hanya kesalahan di pihak Google yang perlu diperbaiki.

Apa Penyebab Umum Hukuman Google?

Pemicu berikut sering menyebabkan hukuman Google:

  • keyword stuffing
  • hidden links
  • duplicate content
  • irrelevant keywords
  • bad redirects
  • cloaking
  • spyware, adware, and viruses
  • data issues
  • bad links
Ada banyak cara terkena penalti Google, tetapi seringkali dipicu oleh teknik atau taktik blackhat yang dimaksudkan untuk mengelabui bot mesin pencari.

Ada dua jenis utama hukuman Google:

  1. Penalti Algoritmik: Seringkali disebabkan oleh pembaruan atau perubahan algoritma.
  2. Penalti Manual: Dibuat oleh auditor manusia yang bekerja untuk Google, untuk memastikan standar kualitas. Ini biasanya diberikan jika Anda melanggar Persyaratan Layanan Google.
Anda dapat memeriksa apakah Anda telah menerima hukuman manual di Google Search Console.

Untuk manual actions, buka Tindakan Security & Manual Actions , lalu Manual Actions. Jika Anda melihat tanda centang hijau yang bertuliskan "No issue detected", Anda sudah di bersihkan.

Security & Manual Actions


Untuk menentukan apakah situs Anda terkena penalti algoritmik, Anda harus memeriksa peringkat Anda, yang akan kita bahas di bagian selanjutnya.

Ingatlah bahwa tidak setiap penurunan lalu lintas pencarian adalah akibat dari hukuman Google. Misalnya, bisnis musiman sering kali mengalami penurunan tajam di luar musimnya. Selain itu, persaingan online yang meningkat dapat memaksa bisnis Anda semakin jauh ke bawah halaman SERP.

Google selalu menyatakan bahwa konten berkualitas tinggi dan relevan diprioritaskan di atas konten tidak relevan yang dimaksudkan untuk meningkatkan SEO.

Pada dasarnya, Google ingin bisnis anda membuat konten yang terbaik bagi pengguna, bukan hanya untuk mesin telusur. Saat Anda mencoba mengelabui algoritma, Anda mungkin akan ditampar dengan penalti. Pasti pedes kalau kena tamparan.

Meskipun demikian, Anda bisa mendapatkan penalti Google bahkan jika Anda tidak mencoba menipu algoritma. Kesalahan dalam entri manual dan perubahan algoritma dapat mengakibatkan penalti bahkan untuk marketing yang tidak bersalah.

Karena itu, penting untuk mengetahui apa yang dapat menyebabkan hukuman Google, dan apa yang harus dilakukan jika itu terjadi.

Di bawah ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk memulihkan diri dari hukuman Google.

Seberapa Cepat Situs Saya Akan Dipulihkan Dari Penalti Google?

Situs Anda akan pulih dari hukuman Google setelah semua kesalahan diperbaiki.

Ini bisa berkisar antara 10-30 hari untuk hukuman manual, tergantung pada seberapa cepat Anda memperbaiki masalah, mengirimkan permintaan pertimbangan ulang, dan membuat permintaan Anda diterima.

Waktu pemulihan bisa jauh lebih lama untuk penalti algoritma, ada kasus dimana beberapa perusahaan melaporkan kerusakan hingga dua tahun kemudian. Sebagian besar situs dapat mengharapkan periode pemulihan enam bulan.

Bagaimana Memulihkan Dari Hukuman Google

Hukuman Google dapat mengakibatkan hilangnya lalu lintas dan pendapatan untuk bisnis, jadi penting untuk menemukan dan memperbaiki masalah sesegera mungkin.

Meskipun sebagian besar penalti diakibatkan oleh teknik SEO yang buruk , beberapa penalti disebabkan oleh kesalahan Google dan mungkin memerlukan komunikasi dengan tim Google.

Jika situs Anda terkena sanksi karena kesalahan atau kesalahan konten, Anda sering kali dapat menyelesaikan masalah dengan memodifikasi konten situs Anda.

Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ikuti untuk memulihkan diri dari hukuman Google.

1. Periksa Jika Anda Memiliki Masalah Peringkat > Langkah pertama dalam memulihkan diri dari hukuman Google adalah memastikan bahwa penalti menjadi penyebab masalah Anda. Anda dapat menggunakan Indikator Penalti Situs Web untuk melihat dengan tepat di mana dan bagaimana situs Anda dapat terpengaruh.
Indikator Penalty

Anda juga dapat menggunakan alat seperti Ubersuggest untuk mendapatkan laporan lengkap tentang kesalahan SEO yang perlu diperhatikan. Masalah seperti tautan balik yang tidak sehat, konten duplikat, kesalahan pengindeksan, atau pembaruan algoritma semuanya dapat ditemukan dengan alat ini.

2. Selidiki Pembaruan Algoritma Terbaru > Untuk mengetahui apakah Anda adalah korban hukuman algoritma, masuk ke dasbor Google Analytics Anda, dan bandingkan penurunan lalu lintas dengan perubahan algoritma Google yang diketahui.

Jika Anda melihat lalu lintas turun pada saat yang sama dengan pembaruan algoritma yang diketahui, kemungkinan besar itu penyebab hukuman Google Anda.

Untuk menyelidiki lebih lanjut, pilih situs web Anda di dasbor Google Analytics, lalu klik Akuisisi > Semua Lalu Lintas > Sumber / Media.

Google analitycs


Dari sana, pilih Google / Organik . Ini akan menunjukkan kepada Anda laporan tentang jumlah kunjungan yang diterima situs Anda dari pencarian Google.

Selanjutnya, pilih periode pelaporan di kanan atas dan kembali ke satu tahun atau lebih. Bandingkan tanggal penurunan lalu lintas utama dengan tanggal pembaruan algoritma Google.

Gunakan Cheat Sheet Algoritma Google untuk memandu proses Anda. Atau, periksa panduan Moz yang menunjukkan semua pembaruan algoritma Google dalam 16 tahun terakhir .

Setelah Anda mengidentifikasi pembaruan mana yang mengakibatkan penalti Anda, teliti pembaruan untuk memahami cara memperbaiki masalah.

Misalnya, jika pembaruan Penguin menghukum situs Anda, Anda harus fokus pada peningkatan tautan balik dan distribusi teks tautan Anda.

Jika pembaruan Panda menghukum Anda, itu mungkin masalah kualitas konten. Pengalaman halaman penalti mungkin memerlukan pembaruan UX / UI untuk meningkatkan pengalaman pengguna di situs Anda.

3. Jalankan Audit SEO > Audit SEO harus menjadi bagian dari strategi pemasaran reguler Anda. Ini juga berguna untuk mendiagnosis penurunan lalu lintas apa pun. Jika Anda khawatir situs Anda terkena penalti Google, audit SEO teknis dapat membantu mengungkap kesalahan SEO apa pun yang memengaruhi situs Anda.

Saat melakukan audit SEO teknis, Anda harus fokus pada tiga hal ini: 
-back-end hosting and indexing
-front-end factors like content, metadata, and keywords
-outside references and link quality

Untuk audit SEO kualitas backlink, anda harus menggunakan alat tautan seperti Backlink Checker , untuk memindai tautan spam.

SEO Checklist Audit juga dapat membantu Anda melakukan audit SEO rinci untuk pulih dari hukuman Google.

Beberapa kesalahan SEO umum termasuk:
-Bad or spammy backlinks
-keyword stuffing
-sitemap errors
-loading speed
-pop-ups

Jika Anda memperbaiki kesalahan SEO dan website Anda masih di bawah performa, hukuman Anda mungkin hasil dari kesalahan konten atau masalah lainnya.

4. Jalankan Audit Konten > Audit semua konten Anda saat ini, gunakan alat auditor konten ini dapat membantu mengungkap penyebab hukuman Google Anda jika itu terkait dengan masalah konten.

Ingat, konten online Anda perlu diperbarui dan dioptimalkan secara rutin agar tetap berkinerja tinggi. Google mencari konten yang diperbarui dan mendetail; jadi konten yang hebat dua tahun lalu tidak akan berfungsi sama hari ini tanpa pembaruan.

Gunakan Ubersuggest untuk melihat kinerja situs Anda secara keseluruhan dan menemukan peluang pembaruan konten. Cukup klik Telusuri > Audit Situs.

Audit konten

Alat inventaris konten seperti Blaze atau DynoMappe juga dapat membantu Anda mengungkap masalah konten.

Periksa konten duplikat juga. Konten duplikat bisa menjadi masalah besar dalam kinerja pencarian Anda. Bisnis yang mengizinkan konten buatan pengguna, seperti komentar di blog.

Selama audit konten Anda, cari:
-outdated content
-content gaps
-evergreen content that needs to be refreshed
-metadata
-image data
-word counts

Tergantung pada alat yang Anda gunakan, Anda mungkin menerima rekomendasi konten yang akan membantu Anda meningkatkan situs Anda.

Di Ubersuggest, masalah dinilai dari Rendah ke Tinggi.

Atasi masalah yang berdampak tinggi terlebih dahulu untuk meminimalkan masalah hukuman Google, lalu buat rencana untuk memperbarui konten secara teratur agar Anda tetap mendapat perhatian baik dari Google.

5. Bersihkan Profil Backlink Anda > Membangun tautan yang sehat sangat penting untuk SEO, tetapi tautan balik yang buruk dapat memiliki efek sebaliknya.

Tautan balik yang buruk dapat mengakibatkan hukuman Google manual dan algoritmik.

Algoritma Penguin Google dirancang untuk mengungkap tautan balik yang buruk dan menghukum situs yang dianggap memanipulasi SERP.

Meskipun mengelola tautan Anda bisa menjadi tugas yang melelahkan, banyak alat yang tersedia untuk menyederhanakan proses ini.

  • Majestic SEO adalah alat intelijen yang membantu melakukan audit tautan untuk membantu Anda memahami bagaimana dan di mana tautan Anda berfungsi.
  • Alat Disavow Google dapat membantu Anda menghapus tautan balik berisi spam dari situs Anda. Perhatikan bahwa Anda hanya boleh melakukan ini jika komunikasi langsung tidak berhasil menghapus tautan balik yang buruk.
  • Pemeriksa tautan balik WebMeUp akan merusak domain dan IP tautan balik Anda bersama dengan persentase tautan dofollow dan menampilkan data Anda dalam diagram lingkaran yang mudah dibaca.
  • Pemeriksa tautan balik Ahrefs menyediakan alat analisis tautan dengan basis data tautan yang diperbarui secara berkala untuk memandu upaya Anda.
  • Link Detox adalah alat berbasis langganan yang dapat secara otomatis membersihkan profil tautan Anda. Berhati-hatilah saat menggunakan alat otomatis karena terkadang alat tersebut dapat menolak tautan balik terbaik Anda. Selalu periksa hasil secara manual untuk memastikan tidak ada tautan bagus yang hilang.

Setelah Anda menemukan negatif atau backlink berkinerja buruk, Anda dapat mencoba menghapusnya. Ini dapat dilakukan dengan mengirim email kepada webmaster dari situs berkinerja buruk untuk meminta penghapusan.

Cari detail kontak webmaster di halaman "Hubungi Kami" atau "Tentang Kami". Jika tidak berhasil, coba masukkan domain mereka ke Whois.com.

Email permintaan Anda akan terlihat seperti ini.

email webmaster

Jika webmaster tidak menanggapi atau menolak permintaan Anda, Anda dapat menggunakan Google Disavow untuk menghapus sendiri tautan tersebut.

Ingatlah bahwa beberapa tautan balik yang buruk tidak akan menurunkan peringkat Anda. Google akan mengabaikan banyak tautan aneh itu jika Anda tidak ada hubungannya dengan mereka. Namun, jika Anda menggunakan agensi SEO yang sadis atau terlibat dalam pembuatan tautan black-hat, luangkan waktu untuk membersihkan tautan tersebut.

FAQ Tentang Penalti Google

Bagaimana saya tahu jika saya mendapat penalti Google?
Gunakan alat seperti Indikator Penalti Situs Web dan Ubersuggest untuk mengungkap hukuman manual atau algoritma apa pun yang memengaruhi lalu lintas situs web Anda.


Bagaimana cara memperbaiki kesalahan SEO?

Lakukan audit SEO untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan SEO apa pun yang dapat mengakibatkan hukuman Google. 


Alat apa yang dapat saya gunakan untuk membersihkan tautan balik saya?

Alat online seperti Majestic SEO dan WebMeUp dapat mengungkap tautan balik yang buruk. Dari sana, Anda perlu menghubungi webmaster secara langsung untuk menghapusnya atau menolaknya sendiri. 


Kapan situs saya akan pulih?

Situs Anda akan pulih dalam waktu sekitar 30 hari untuk penalti manual dan enam bulan untuk penalti algoritma 


Kesimpulan

Hukuman Google bisa menjadi masalah besar bagi situs yang mengandalkan lalu lintas web untuk pendapatan. Untungnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengetahui bagaimana, kapan, dan mengapa situs Anda dikenai sanksi.

Ingat, ada banyak cara untuk meningkatkan peringkat Google Anda tanpa terkena penalti. Pastikan untuk selalu mematuhi praktik terbaik Google untuk meminimalkan masalah penalti.

Meskipun saya berharap Anda merasa cukup percaya diri untuk mengidentifikasi dan memperbaiki hukuman Google sendiri setelah membaca panduan ini, agensi kami ada di sini jika Anda tidak bisa . Tim kami yang berpengalaman dapat memandu Anda melalui proses audit / perbaikan / pertumbuhan SEO dengan tingkat keterlibatan apa pun yang Anda inginkan.

Bagaimana Anda memperbaiki hukuman Google Anda? Langkah apa yang Anda ambil? 

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel