Apakah Private Blog Network (PBN) Masih Berfungsi di 2021?

menu melayang

04 Mei 2021

Apakah Private Blog Network (PBN) Masih Berfungsi di 2021?

Jika Anda menggunakan SEO untuk mempromosikan situs web Anda, kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang PBN (Private Blog Network). Konsepnya tidak terlalu sulit untuk dipahami (meskipun sulit untuk dieksekusi).

Apakah PBN masih berfungsi di tahun 2021? Apakah ada resikonya? Jawaban singkatnya adalah "ya". Jadi, haruskah Anda membangunnya? Terserah anda. Namun, artikel ini bertujuan untuk membantu Anda membuat keputusan yang cerdas. Ini bukan panduan tentang cara membuatnya; namun, jika Anda berpikir untuk membuat PBN untuk situs web Anda, pastikan Anda membaca ini dengan baik.

Apakah Private Blog Network (PBN) Masih Berfungsi


Penafian:  Hanya untuk mendapatkan segala sesuatunya langsung dari awal, kami TIDAK merekomendasikan membangun PBN.  Itu berisiko dan bertentangan dengan persyaratan layanan Google. Habiskan waktu dan uang yang dapat Anda investasikan dalam taktik yang lebih aman dan lebih efisien.

Apa Itu PBN?

PBN adalah singkatan dari Private Blog Network. Singkat cerita, ini adalah sekelompok situs web yang dimiliki webmaster dengan tujuan meningkatkan peringkat situs web lain.

Jaringan ini termasuk dalam kategori taktik membangun tautan BlackHat SEO. Jelas, pada awalnya, ini bukan blackhat. Tapi setelah orang mulai menyalahgunakannya, Google mengambil tindakan. Sebelum 2014, PBN menjadi produk Hype tertinggi dan semua orang mulai membangunnya.

Sampai akhirnya Google benar-benar menghancurkan beberapa layanan PBN dan beberapa PBN blogger Marketing populer. Berikut ini hanya satu contoh dari satu layanan PBN dari banyak yang telah gagal:

jaringan blog pbn ditutup

PBN tidak lebih dari Web 2.0. Seperti menggunakan subdomain dari WordPress.com dan Blogger, Anda menggunakan domain kedaluwarsa yang sudah memiliki otoritas yang dibangun untuk itu. Jika Anda membeli domain kedaluwarsa yang tepat dan membangun jaringan dengan benar, Anda bisa mendapatkan aset yang bagus.
 
Untuk menghindari ketahuan oleh Google, BlackHat SEO harus terus menyembunyikan jejak mereka. Benar-benar perjuangan yang melelahkan Bro... Daftar jejak ini dapat berisi:

Info Whois:  Jika Anda memiliki 10 domain yang semuanya ditautkan satu sama lain dan semuanya terdaftar secara publik dengan nama yang sama, semua orang akan tahu itu PBN. Sekarang sebagian besar waktu detailnya tidak bersifat publik dan Anda juga dapat membeli perlindungan Whois dengan biaya tambahan (terkadang ditawarkan secara gratis) tetapi saya baru-baru ini mendengar cerita tentang Google yang memiliki akses ke info Whois.

Alamat IP & Hosting:  Jika lebih banyak situs web di IP yang sama, mereka pasti terhubung dengan cara tertentu. Itulah mengapa akun shared hosting sangat berbahaya. Jika seseorang mengirim spam ke alamat IP itu, Anda juga terdaftar kena dampaknya. Untuk memperbaikinya anda harus membeli IP khusus untuk setiap domain. (Tidak hanya untuk situs PBN. Lakukan ini untuk semua situs Anda. Ini membantu menjaga keamanan situs.)

Nama perusahaan dan detail kontak:  Beberapa negara secara hukum mengharuskan Anda untuk memposting informasi ini jika Anda memonetisasi situs Anda dengan cara apa pun. Ntah itu Adsense, atau lainnya.

Desain, Coding, Pemformatan, Konten:  Sering kali, orang hanya menduplikasi situs web ini dengan menyalin dan mengubah beberapa aspek dasar, seperti warna dan logo. Namun, platform dan tema yang mereka gunakan selalu sama.

Akun Analytics:  Memiliki 10 situs dalam Akun Analytics yang sama? Ini sangat berbahaya untuk PBN, Google akan melihatnya dan anda bisa terkena hukuman.

ID Skrip:  Jika Anda memiliki alat berbeda yang memerlukan pelacakan seperti ID Google Analitycs, Anda memerlukan langganan terpisah untuk masing-masing situs, jika tidak, siapa pun dapat mengetahui hubungan antara dua situs.

Ini adalah yang paling dasar dan sering kali tersedia untuk umum. Namun, beberapa orang mengatakan (termasuk saya) bahwa Google mungkin juga melihat hal-hal lain dari setiap kesalahan:

Akun email:  Daftarkan apa pun di bawah email yang sama, terutama jika itu adalah Gmail dan Anda menautkan semua situs ke alamat email yang sama. Itu adalah satu kesalahan, perbaiki hal itu.

Lokasi:  Apakah Anda sudah login ke akun email yang sama atau bekerja di semua situs PBN dengan IP yang sama di rumah? Ini berbahaya, Anda baru saja memberi tahu Google bahwa Anda pemiliknya. Anda membutuhkan proxy untuk menjaga semuanya tetap bersih.

Bukankah ini terdengar seperti hacker yang menyembunyikan sesuatu ? Saya sebenarnya tidak pernah mengerti mengapa Google tidak mencoba menjadikan hal-hal ini ilegal. Maksud saya… jika Anda melakukan spamming di internet dan mengakses situs web dengan bot tanpa izin pemiliknya… Jika Anda terus-menerus berpura-pura menjadi orang lain… Bukankah hal semacam ini harus didenda? Saya gk tau sih, saya kira mereka gak bisa atau mereka hanya ingin orang-orang terus melakukannya. Yah sejenis politik internet mungkin. :D

Kami menggunakan begitu banyak layanan dari Google, seperti Chrome, Analytics, MyBusiness, dan Gmail. Semuanya dimiliki oleh Google. Apakah saya mengatakan bahwa Google membaca email Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki PBN atau apakah Anda membeli link? Tidak. Tapi… Sangat Mungkin?

Akun Gmail Anda mungkin terhubung ke ponsel cerdas Anda. Anda memiliki koneksi internet di mana-mana, jadi Google tahu lokasi Anda. Anda dan webmaster lain muncul di lokasi yang sama dan 2 jam sebelum situs web Anda mulai ditautkan satu sama lain? Google akan tahu hal ini ...

Itu hanya spekulasi tetapi kira-kira seperti ini: Jika Anda tidak ingin ketahuan memiliki dua akun hosting yang berbeda, apakah Anda akan mendaftar dengan email yang sama? Pasti tidak. Saya tidak mengatakan bahwa seseorang dari Google membaca email pribadi Anda dan memata-matai kamera web Anda. Saya hanya mengatakan bahwa ada kemungkinan semacam algoritma di luar sana, menelusuri hubungan administratif antar situs web.

Apakah PBN Masih Berfungsi?

Anda mungkin bertanya-tanya apakah PBN masih berfungsi. Seberapa besar Google telah berevolusi dan seberapa baik Google menangkap skema ini pada tahun 2021?

Nah, terlepas dari apa yang dipikirkan banyak orang setelah 2014, PBN masih berfungsi dan akan berfungsi selama backlink adalah faktor peringkat, sesuatu yang tidak akan segera berubah.

Bagaimana Google menipu semua orang dan selalu selangkah lebih maju

Ketika PBN mulai populer, saya yakin kedua belah pihak agak ketakutan. Para webmaster dan orang-orang Google menemukan teknik SEO BlackHat terbaik.

Namun, Google juga selangkah lebih maju. Saya akan menjelaskan:

Soalnya, seperti yang disebutkan sebelumnya, Google peduli dengan tautan balik. Membangun tautan masih merupakan faktor peringkat yang sangat penting. Mereka telah mencoba menghapus tautan dari algoritma, tetapi ternyata, hasil mesin telusurnya jadi lebih buruk, lihat video di bawah:



Sebuah PBN tidak dapat dideteksi jika dilakukan dengan benar. Tidak ada cara untuk mencari tahu, atau setidaknya memastikan. Semua orang menautkan ke situs web lain. Orang-orang mengenal satu sama lain, mereka berbicara dan mereka memberi link atau tukar link. Orang yang melakukan White Hat SEO mungkin terkena imbasnya.

Jadi, apa yang dilakukan Google? Bagaimana mereka menangkap orang-orang yang benar-benar berpikir untuk membangun PBN sebagai cara BlackHat untuk memberi peringkat tinggi pada situs uang mereka?, Google tidak melakukan apa-apa.

Sebaliknya, Google menargetkan beberapa layanan PBN populer dan beberapa blogger pemasaran populer yang menggunakannya dan membuat blog tentangnya.

Lihat Kata Matt Cutts - Pengingat tentang risiko spam dari guest blogging http://t.co/rc9O82fjfn


Tapi bagaimana caranya? Bagaimana mungkin Google dapat mengidentifikasi seluruh PBN, yang dibangun oleh para profesional dan ahli di industri SEO BlackHat? Nah… itu jawaban yang mudah. Google membeli layanan tersebut. Sesederhana itu., ya Google membeli layanan tersebut untuk mengidentifikasi seluruh PBN.

Maksud Saya… semua orang bisa membeli layanan ini dan ketahui persis situs PBN apa yang digunakan. yang kasian, Banyak orang dan pemilik bisnis lokal harus menderita. Situs web mereka terkena sanksi, karena perusahaan SEO yang mereka sewa bertindak sebagai perantara dan sebagai gantinya membeli layanan PBN. Ini terjadi sepanjang waktu: "Dijamin posisi # 1". dan juga menjamin "Bukan Karena saya bos" jika terkena penalti.

Bagaimana Google sampai pada blogger marketing? Saya tidak tahu, tapi saya yakin mereka menjadi sasaran. Tidakkah menurut Anda aneh, banyak para blogger marketing dan SEO mendapat penalti PBN, sementara ratusan pemain lain yang tidak dikenal terus mengatakan bahwa mereka berhasil? Seandainya itu hanya pembaruan Google dan tidak ada verifikasi manual, itu bisa menjadi bencana.

Setelah mendapat penalti, pembuat situs niche dan blogger yang sangat populer sekali pun akan terkena dampaknya, berapa banyak waktu dan uang yang mereka masukkan ke dalam PBN mereka? hanya untuk kehilangan semuanya dalam satu detik. Dan kemudian frase para dewa SEO mulai muncul di mana-mana: “PBN MATI!” .

Saya yakin bahwa banyak situs web dari perusahaan yang sama dapat membuat jaringan yang mendominasi halaman pertama Google. Di berbagai posisi.


Saya melakukan sedikit riset hanya untuk membuktikan bahwa hal ini terjadi di berbagai pasar dan negara. Saat melihat ke keywod sepeda motor, setelah 2-3 pencarian, saya menemukan situs berita sepeda motor (motorcyclenews.com) yang memiliki peringkat sangat baik untuk beberapa kata kunci.

Saya kemudian menggunakan SpyOnWeb.com  untuk menentukan apakah ada situs web lain yang ditautkan melalui IP atau beberapa kode. Ternyata banyak. Hubungan telah terjalin melalui akun Google Adsense. 

Apakah Private Blog Network (PBN) Masih Berfungsi


Kemudian, saya menggunakan tools situs untuk melihat sekilas situs web apa yang ditautkan ke sana:

pbn masih berfungsi?

Saya hanya mencari beberapa website yang berada di niche yang sama, seperti performancebikes.co.uk, ride.co.uk, classicbike.co.uk dan mcnsport.co.uk. Semuanya terhubung ke motorcyclenews.com. Ini hanya 4 situs, tetapi mungkin ada situs lain yang tidak begitu mudah dikorelasikan.

Apakah ini bisa dianggap sebagai PBN? Mungkin. Tapi semuanya sah, situs otoritas yang menjual sepeda atau menawarkan semacam layanan. Semuanya menghasilkan lalu lintas organik, menawarkan konten yang menarik dan berkualitas baik.

Apakah itu tidak etis ? Haruskah itu bertentangan dengan TOS Google?

Satu-satunya permintaan Google adalah memberikan kualitas kepada pengguna, sehingga mereka terus datang ke Google untuk mencari dan menemukan ANDA, karena itulah cara Google bertahan. Jika situs web yang buruk menduduki peringkat teratas karena beberapa skema PBN, orang tidak akan menyukai Google lagi.

Kebanyakan PBN adalah situs web yang tidak memiliki desain, kepribadian, dan kegunaan. Mereka hanya mengisi web dan menggunakan sumber daya Google (untuk merayapi, mengindeks, dan hal-hal lain).

Namun, jika situs web PBN bagus, saya rasa tidak ada orang yang akan mendapat masalah. Anda bahkan tidak bisa tau apakah itu PBN atau bukan, Menurut pendapat saya, White Hat lebih sempurna dan bangun banyak situs web berkualitas tinggi.

Keuntungan & Kerugian PBN

Meskipun PBN memang memiliki kelebihan, namun menurut saya kekurangannya kelebihan banyak sehingga saya tidak menyarankan Anda membangun PBN.


Keuntungan:

Lebih efisien dengan peringkat:  Dari semua teknik SEO BlackHat, PBN mungkin yang paling efisien. Semakin baik nama domain kedaluwarsa yang Anda beli, semakin cepat Anda akan melihat hasilnya.

Lebih sulit untuk terkena hukuman:  Selain itu, akan memakan waktu lama sampai Anda terkena hukuman google, jika Anda terkena hukuman. Anda harus menghapus setiap jejak Anda. Ini bukan gaya hidup yang mudah, tetapi lebih aman daripada merusak tautan dengan GSA Search Engine Ranker.

Mudah dalam teori:  Beli domain kedaluwarsa di lelang domain, buat situs web dan letakkan konten di dalamnya, tutupi semua jejak, tautkan ke money site. Menutupi semua jejak memang sedikit lebih sulit, tetapi Anda akan menguasainya.

Keuntungan tambahan:  Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari PBN dengan menjual tautan ke situs web lain. Selama mereka bukan pesaing langsung, itu tidak terlalu penting. Namun, perlu diingat bahwa hal ini membuat Anda berisiko. Seseorang dapat membahayakan jaringan Anda.

Kontrol penuh


Kekurangan:

Biaya tinggi:  Awalnya mungkin terdengar murah. Beberapa shared hosting, beberapa IP, beberapa nama domain, dan beberapa konten. Beberapa ratus dolar? Nah… buat itu ganda. Kemudian kalikan dengan 50. Jika Anda benar-benar ingin melakukannya dengan cara yang benar, Anda memerlukan hosting yang bagus, banyak IP, proxy, dan alat. Tentu, Anda hanya dapat membelanjakan $ 1.000 di jaringan Anda jika Anda berada di pasar persaingan rendah, tetapi apakah investasinya akan bernilai? Untuk daya saing tinggi, Anda perlu membeli domain kadaluarsa yang memiliki otoritas tinggi dan Anda membutuhkan banyak domain, setidaknya 10-25. Anda juga perlu memastikan mereka tidak terkena spam. Masing-masing dapat menghasilkan ribuan dolar. Tetapi 500 artikel akan sangat kurang untuk PBN, Algoritma Panda akan menangkap situs anda jika kurang dari 500 artikel.

Butuh waktu lama:  Meskipun saat Anda mulai menautkan hasilnya terlihat agak cepat, seluruh proses penyiapan memakan waktu. Anda mulai dengan satu situs, lalu berkembang, tetapi setiap situs membutuhkan waktu.

Sulit untuk dikelola:  Anda juga harus selalu menjaga PBN Anda. ini termasuk konten yang perlu Anda posting, setiap situs memiliki masalah sendiri seperti SPAM, peretas, dll ... dan ingat Anda harus melakukan semuanya dengan nama, IP, dan mungkin perangkat yang berbeda juga, hanya untuk memastikan.

Dapat tertangkap Google:  Bagian terburuknya adalah Anda selalu memiliki risiko tertangkap. Apakah layak berinvestasi selama ini dan uang banyak hanya untuk di tangkap google?

Haruskah Anda Membangun PBN pada 2021?

Ini sangat tergantung pada Anda. Apakah Anda suka mengambil risiko? Apakah Anda peduli dengan TOS Google? Beberapa orang melihat Google sebagai entitas jahat yang mengontrol internet dan ingin mengambil untung darinya.

Soalnya, kenyataannya adalah situs web hebat di Google, yang selalu menempati peringkat teratas, tidak perlu membuat PBN.

Webmaster yang menyediakan konten hebat, jaringan dan koneksi tersebut, yang mempromosikan konten, produk, dan layanan mereka dengan baik tidak perlu menggunakan skema apa pun untuk mencapai puncak.

Jadi, haruskah Anda membangun PBN? Mungkin tidak. Kami menganggap lebih bijaksana untuk menghabiskan semua uang dan waktu itu untuk mengembangkan satu situs web terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat memperluas ke situs web lain dan memiliki jaringan resmi kecil dari situs web berkualitas tinggi.

Menghabiskan ribuan dolar dan ratusan jam hanya untuk membeli domain kedaluwarsa dan mengisinya dengan konten yang tidak terlalu Anda pedulikan alih-alih menghabiskannya untuk pengalaman pengguna, pembuatan konten berkualitas, promosi, dan layanan yang lebih baik tampaknya tidak terlalu bijaksana.

Pada akhirnya, perpaduan waktu, keterampilan, dan keberuntunganlah yang menentukan apakah Anda akan tertangkap dengan PBN atau tidak. Anda mungkin ketahuan setelah 2 minggu pertama. Anda mungkin tidak akan pernah tertangkap dan bahkan cucu Anda akan menggunakan PBN Anda untuk mendapatkan keuntungan. Namun… 

Jika Anda berada dalam permainan SEO jangka panjang, Anda sebaiknya menjauh dari PBN dan fokus pada teknik SEO White Hat.

Mesin Pencari selalu berkembang dan menjadi lebih baik dalam mendeteksi trik setiap hari. Mengapa tidak fokus untuk bermain adil dan benar-benar meningkatkan keterampilan yang benar-benar penting? Mengapa membuang-buang waktu Anda dengan mempelajari cara bersembunyi ketika Anda dapat mempelajari cara menciptakan pengalaman yang lebih baik?

Apa pun sisi Anda, kami ingin tahu tentang pengalaman Anda dengan Private Blog Network. Apakah kamu pernah memilikinya Apakah Anda pernah mencoba layanan PBN? Apakah Anda sudah dihukum? Apakah Anda masih memilikinya dan masih berfungsi? Beri tahu kami di komentar. 

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel