Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

menu melayang

2021-04-28

Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

 Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Apa Itu SEO


SEO, juga disebut Pengoptimalan Alami atau Organik, melibatkan pembuatan situs web Anda agar terlihat dan dapat diakses semaksimal mungkin untuk spider mesin pencari dan pengunjung Anda. Tujuan dari program SEO adalah untuk memposisikan situs web Anda di sepuluh (hingga tiga puluh) hasil teratas di Google SERP (Halaman Hasil Mesin Pencari) ketika klien memasukkan frase kata kunci tertentu.


Misalnya: Jika Anda memasukkan "Jasa SEO Indonesia" di Google, Anda akan mendapatkan banyak hasil yang serupa. Kolom kanan dengan latar belakang putih mewakili daftar organik.


Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)


Proses SEO


SEO adalah salah satu strategi pemasaran online paling efektif yang dapat Anda terapkan . Anda tidak perlu membayar apa pun kepada Google saat seseorang mengklik link Anda, tidak seperti bentuk periklanan lain seperti PPC . Namun, dibutuhkan waktu, keterampilan, dan keahlian untuk memposisikan situs web Anda agar terlihat. SEO penting jika Anda ingin membuatnya menonjol. Bahkan pemasar berpengalaman perlu memilih tim yang tepat untuk memastikan proyek SEO yang sukses.


Google menggunakan algoritma khusus untuk mengevaluasi setiap situs web. Meskipun algoritma mesin telusur yang tepat bersifat rahasia, ada elemen terkenal yang akan berkontribusi pada peringkat. Ada tiga kategori:


  1. Elemen tingkat situs web meliputi: arsitektur situs, menu, teknologi yang digunakan situs web Anda, nama domain, tautan internal, dll.
  2. Elemen tingkat halaman web termasuk judul halaman, deskripsi halaman, salinan, nama file, data meta, dll.
  3. Tautan luar.

SEO adalah proses atau urutan langkah yang, dalam banyak kasus, meliputi:

  • Mengevaluasi visibilitas situs web Anda saat ini dan lalu lintas organik saat ini, menjalankan laporan persaingan, dan mengevaluasi pesaing Anda.
  • Menyusun daftar kata kunci kompetitif. Kata kunci yang baik memiliki lalu lintas tinggi dan jumlah pesaing yang rendah.
  • Menerapkan elemen pengoptimalan mesin telusur di tingkat situs web, kemudian bekerja di tingkat halaman untuk memperbarui judul, tautan internal, dan data meta untuk setiap halaman yang Anda optimalkan. Fokus pada satu atau dua kata kunci utama per halaman dan tambahkan kata kunci lainnya bila memungkinkan.
  • Menambahkan tautan eksternal ke situs Anda. Kirimkan situs dengan direktori mesin pencari utama seperti direktori Google dan Dmoz. Pertimbangkan industri, lokal atau vertikal ke direktori pasar Anda.

SEO adalah proses, bukan peristiwa . Secara teratur periksa peringkat Anda dan evaluasi lalu lintas Anda. Optimalkan kembali dan tambahkan tautan tambahan untuk menjaga posisi menguntungkan Anda.


Manfaat SEO


  • Semakin banyak konsumen menggunakan mesin pencari atau sumber online untuk membeli produk atau memulai hubungan dengan vendor. Situs web Anda dapat menjadi salah satu alat pemasaran Anda yang paling efektif.
  • Pengunjung mempercayai hasil organik lebih dari PPC (75% vs. 25%).
  • Hasil SEO bertahan lebih lama dan membawa lalu lintas yang lebih berkualitas ke situs Anda.

Ada dua cara untuk mengoptimalkan situs web Anda agar muncul lebih tinggi di daftar biasa mesin pencari - cara etis (juga dikenal sebagai "White Hat") dan cara yang tidak etis (dikenal sebagai "Black Hat"). Menggunakan pengoptimalan mesin telusur "White Hat" adalah satu-satunya teknik pengoptimalan jangka panjang yang berkelanjutan.


Poin Utama: Pengunjung mencari produk dan layanan dengan satu atau lain cara. Jika situs Anda tidak terlihat, pesaing Anda mencuri klien Anda.


Jika Anda memiliki pertanyaan khusus atau ingin mendiskusikan topik pemasaran penelusuran lainnya, harap posting di blog kami atau hubungi kami di +62 812-7121-1734


Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel